Flash InfoLifestyle

Ini Ciri Lowongan Kerja Abal -Abal

0
lowongan kerja abal-abal

STARJOGJA.COM, INFO – Di tengah melambatnya laju ekonomi karena dampak pandemi Covid-19, memang cukup sulit mendapatkan lowongan kerja. Saat tak hati-hati ,  anda bisa terjebak dalam lowongan kerja abal-abal.

Mengingat, tak sedikit pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan membuat lowongan pekerjaan abal-abal dengan tujuan menipu. Seiring dengan maraknya penipuan lowongan kerja, alih-alih mendapat pekerjaan impian, Anda justru akan ditipu. Karena para penipu itu tidak akan memberikan pekerjaan justru akan menguras dompet kita.

Penipuan berkedok penyediaan lapangan pekerjaan sering ditemukan di banyak situs maupun aplikasi online. Korbannya pun tidak sedikit bahkan mengaku mengalami kerugian besar. Nah biar terhindar, berikut ciri-ciri lowongan kerja abal-abal:

Meminta sejumlah uang
Melansir dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (9/6/2020) perusahaan resmi tidak memungut biaya sepeserpun bagi calon pelamarnya. Sebaliknya lowongan kerja palsu justru akan meminta sejumlah dana kepada calon korbannya dengan alasan sebagai biaya pelatihan atau akomodasi.

Mereka bahkan menjanjikan korbannya bahwa uang tersebut nantinya diganti ketika sudah diterima dengan sistem reimbursement atau pengembalian. Ada juga yang mengaku biaya tersebut sebagai biaya administrasi untuk meloloskan beberapa dokumen atau uang untuk membayar kurir dan sebagainya.

Langsung diterima tanpa wawancara
Umumnya setiap perusahan memiliki masing-masing ketentuan yang harus dipenuhi pelamar kerja misalnya lolos tes interview. Namun ketentuan ini tidak berlaku dalam lowongan kerja abal-abal. Melansir dari salah satu sumber, lowongan kerja palsu biasanya memberikan kesan terburu-buru atau urgent saat mereka memasang iklan.

Seperti tulisan Dibutuhkan segera, Dibutuhkan cepat, atau Proses cepat, yang membuat korbannya seakan percaya bahwa lowongan tersebut sangat membutuhkan orang baru sehingga tidak terlalu memperhatikan persyaratan si kandidat.

Hal tersebut juga dapat meyakinkan korbannya bahwa kemungkinan diterima sangat tinggi atau pasti akan diterima tnpa syarat apapun. Trik semacam ini biasanya sering mengecoh orang-orang yang baru menamatkan pendidikan dan belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Walaupun demikian mana ada perusahaan yang mau menerima kandidat baru asal-asalan?

Menawarkan gaji yang besar
Salah satu hal yang paling menonjol dari lowongan kerja palsu adalah penawaran gaji dengan jumlah yang terlalu besar. Menyadur dari Liputan6, perusahaan tidak pernah menjanjikan gaji yang besar bagi pegawai yang baru saja bekerja. Kalau sudah beberapa tahun, mungkin gaji bisa naik tapi tidak terlalu signifikan. Nah lowongan kerja palsu justru akan mencantumkan angka sekitar Rp6 juta – Rp7 juta untuk posisi seperti staff atau admin.

Sebuah lowongan pekerjaan yang asli pasti akan menaruh angka yang masuk akal sesuai dengan pengalaman, kemampuan dan beban kerja, si calon kandidat. Sebagai contoh gaji Rp6juta- Rp7 juta biasanya ditawarkan untuk posisi yang bekerja setelah dua hingga tiga tahun.

Alamat email tidak resmi
Setiap perusahaan pasti memiliki alamat email-nya sendiri. Salah satu cirinya dengan menggunakan domain email dari sumber terpercaya seperti .com, .co.id, .org, dan lain sebagainya. Namun kalau perusahaan tersebut menggunakan domain seperti @gmail.com, @yahoo.com, dan alamat email dengan embel-embel @ diikuti domain gratisan, Anda harus lebih hati-hati.

Untuk meminimalkan kecurigaan para pelamar, oknum penipu biasanya juga memiripkan nama perusahaan dengan alamat email-nya. Kalau Anda jeli dan sudah terbiasa berkirim email dengan perusahaan resmi, Anda pasti sudah tahu kalau tindakan tersebut merupakan penipuan.

Lokasi interview dan alamat perusahaan berbeda
Proses interview kerja biasanya dilakukan langsung di perusahaan yang bersangkutan atau di tempat-tempat formal lainnya. Memang ada perusahaan yang memang memiliki beberapa cabang sehingga alamat perusahaan bisa terdiri dari dua atau tiga alamat yang berbeda. Namun Anda juga perlu berhati-hati, karena biasanya dalam sebuah lowongan asli, pihak perusahaan pasti langsung mencantumkan tempat interview yang sesuai dengan alamat kantornya, dimana calon kandidat tersebut bekerja kalau diterima.

Menyebarkan lowongan kerja melalui SMS
Sering mendapatkan pesan singkat berupa lowongan pekerjaan dari nomor yang tidak dikenal? Kemungkingkinan besar itu merupakan modus baru penipuan. Biasanya isi pesannya juga berupa iming-iming gaji yang tidak masuk akal. Lalu di akhir pesan mereka akan meminta Anda untuk merespon dengan membalas sms tersebut.

Setelah mendapat respon pelaku biasanya akan langsung menelpon untuk meminta data pribadi atau menyuruh Anda datang ke lokasi tertentu untuk segera masuk ke proses wawancara. Nyatanya lowongan kerja yang asli tidak akan langsung memproses kandidat ke tahap interview tanpa ada pengiriman Curriculum Vitae (CV) dari si kandidat sendiri terlebih dahulu.

Untuk masuk ke tahap wawancara juga tidak sembarangan. Kalau Anda sudah masuk ke dalam tahap interview biasanya CV yang dikirim sudah memenuhi persyaratan. Jadi kalau Anda menemukan lowongan kerja yang langsung melakukan wawancara tanpa mempertimbangkan prosedur, ada kemungkinan besar lowongan tersebut palsu.

Pilkada Diharapkan Lahirkan Pemimpin Kritis Hadapi Krisis

Previous article

Selama Pandemi, Permintaan Kopi Suroloyo Anjlok

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info