FeatureNews

Warungjogja.com Cara UGM Bantu UMKM Terdampak Covid-19

0
Warungjogja.com
Nabella Warungjogja.com
STARJOGJA.COM, Info – UGM memiliki program membantu masyarakat Yogyakarta ketika pandemi Covid-19 melanda beberapa bulan terakhir. Nabella Duta Nusa Tim Pengembangan Sistem Warungjogja.com mengatakan warungjogja.com merupakan pasar online bagi UMKM bagian dari Program Pengabdian Masyarakat Sekolah Vokasi UGM.
“Diumumkan setelah pengumuman pandemi covid-19. Lalu diminta mengembangkan dengan pengembangan masyarakat untuk covid-19,” katanya kepada starjogja beberapa waktu lalu.
Nabella mengatakan Warungjogja.com merupakan sistem yang memudahkan para mitra dan calon pembeli di Yogyakarta. Bahkan bagi mitra usaha yang belum terlalu melek digital sehingga dapat menggunakan manfaat dari sistem marketplace ini.
“Kita kembangkan platform yang tidak ribet yang digunakan para UMKM. Kita bukan cari dana tapi mendapat mandat universitas gadjah Mada untuk mengembangkan program apapun kami kembangkan sistem ini,” katanya.
Nabella mengaku ide membuat sistem ini sangat cepat karena sejak pandemi Covid-19 banyak yang menawarkan barang dagangannya melalui grup whatapps. Maka hanya butuh waktu seminggu warungjogja.com sudah terbuat.
“Kalau kita lihat marketplace besar harus menguasai dunia digital yang harus memiliki syarat seperti email dan beberapa lainnya. Kita terjunkan relawan yang mendata warung di sekitar mereka dan dibantu memasukkan datanya,” katanya.
Nabella menyebut dalam waktu 1-2 bulan, yang mau bergabung ada sekitar 100 UMKM. Jumlah petugas yang turun ke lapangan sekitar 10-15 orang.
“Kendalanya dari UMKM belum semuanya mau beralih. Kami membuat sesuatu yang tidak huge tapi insyaallah ada impactnya,” katanya.
Bagi mitra usaha yang masuk di sistem ini bisa berkomunikasi dengan calon pembeli melalui whatsapp. Sementara nantinya pengiriman dan pembayaran berdasarkan kesepakatan antara keduanya.
“Kita liat produk dan nomor whatapps dan siap mengirim pesan ke masing-masing penjual nah mereka berlanjut payment seperti apa dll,” katanya.
Saat ini paling banyak dicari di Warungjogja.com adalah bahan sembako. Nabella mengatakan bagi yang ingin bergabung bisa melalui nomor 081237381060 ini.
“Ada admin lalu kirim pesan daftar sebagai mitra warungjogja.com, kemungkinan didatangi surveyor. Saat ini Kota Jogja dan Sleman cukup tinggi,” katanya.
nabella mengaku saat ini semuanya sudah go digital. Sehingga para UMKM harus segera beralih ke digital agar tidak tertinggal bisnisnya.
“Saat pandemi ini masyrakat beralih transaksi ke online mau ga mau mengikuti itu semua. Kalau ga mau ya omzet ya turun. Kalau mau busting oimzet ya go digital,” katanya.

Bayu

8 Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Previous article

 Alasan Siti Aisyah Tidak Bisa Menahan Air Mata di Depan Hety Andika Perkasa 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature