Flash InfoMusic

Covid-19 Paksa Industri Hiburan Korsel Beradaptasi

0
BTS Meal McD
BTS (Getty Images)

STARJOGJA.COM, INFO – Covid-19 Paksa Industri Hiburan Korsel Beradaptasi. Industri hiburan korsel yang sedang mengalihkan pandangan dunia ini justru dianggap berhasil beradaptasi di tengah tekanan dan menjadi pelipur lara bagi para penggemar. Pendapatan terbesar industri musik Korea Selatan datang dari penjualan tiket konser dan merchandise konser tur yang menjadi incaran para penggemar.

Sayangnya, pandemi virus corona di negeri ginseng itu menyebabkan penerapan larangan berkerumun di ruang tertutup sehingga semua jadwal konser, fan-meeting, fan-signing, dan showcase harus ditunda untuk sementara waktu.

Sepanjang tahun ini saja ada puluhan konser K-Pop yang terpaksa batal, di antaranya konser tur dunia grup BTS, Map Of The Soul World Tour 2020, yang seharusnya dimulai pada April lalu di Seoul.Grup beranggotakan tujuh orang ini dijadwalkan untuk tampil di Jepang dan Eropa sepanjang musim panas dan selesai pada bulan September, seperti dikutip melalui Grammy.

“Saat ini sangat tidak mungkin untuk memperkirakan kapan konser atau tur akan dapat dimulai lagi seperti normal,” ujar Big Hit Entertainment, dalam pernyataan resmi seperti dikutip melalui Grammy, Kamis (23/7).

Pada saat yang sama, beberapa grup K-pop lainnya telah membatalkan konser Asia mereka, termasuk JYP Entertainment’s Twice, Red Velvet SM Entertainment, dan NCT Dream.

Ketika sebagian besar kegiatan pertunjukan dialihkan ke media daring, SM Entertainment menerapkan strategi yang sama dengan menyelenggarakan konser virtual yang dapat disaksikan melalui aplikasi V Live.

Penggemar dari seluruh dunia menonton konser langsung oleh SuperM pada 26 April, dengan lebih dari 75.000 pemirsa berbayar, ini merupakan konser K-Pop virtual pertama dalam serangkaian acara yang akan ditayangkan langsung, bertajuk Beyond Live.

Dilansir melalui Forbes, konser virtual grup SuperM ini berhasil mencetak pendapatan sebesar US$2 juta dari harga tiket pada kisaran US$30, ada pula merchandise yang dijual dengan harga lebih mahal.

Meskipun cara ini tidak dapat menutup pendapatan yang biasa mereka cetak dari konser biasa dan penjualan merchandise, konser virtual ini tetap ditunggu oleh para penggemar mungkin akan menjadi pelopor untuk konser lainnya setelah grup asuhan SM Entertainment lainnya seperti TVXQ, Super Junior, dan NCT mengisi acara di Beyond Live.

Wisata ke Jogja, Siapkan Surat Sehat

Previous article

Kasus Covid-19 di DIY Bertambah 10 Hari Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info