Kab Sleman

Peserta Sayembara Desain Pasar Godean dari Luar Negeri

0
sayembara desain Pasar Godean
sayembara desain Pasar Godean (humas SLeman)

STARJOGJA.COM, Info – Banyak cara membuat pasar tradisional berganti wajah dengan tampilan berbeda, salah satunya yang dilakukan Sleman lewat sayembara desain Pasar Godean. Kepala Disperindag Kabupaten Sleman, Raden Rara Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan, sayembara desain ini merupakan upaya untuk merevitalisasi Pasar Godean agar menjadi percontohan yang berbeda dengan pasar-pasar yang telah direvitalisasi.

“Sampai saat ini sudah ada 91 peserta yang mendaftar baik kelompok maupun perorangan. Peserta tidak hanya dalam negeri tapi juga dari luar negeri seperti Eropa, Malaysia dan Singapura,”ujarnya selepas melakukan penjelasan sayembara arsitektur Pasar Induk Godean di Ruang Sembada Kantor Setda Sleman, Kamis (23/7/2020).

Mae menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan sayembara ini pihaknya bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY. Adapun total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 154.000.000,- dengan rincian juara I Rp 100.000.000,-, juara II Rp 30.000.000,-, juara III Rp 15.000.000,- , harapan I Rp 5.000.000,- dan harapan II Rp 4.000.000,-.

Baca juga : RS Panti Rapih Gelar Lomba Desain Batik

“Pemenang akan ditentukan pada bulan September 2020 nanti dengan juri kehormatan Bapak Bupati Sleman,” kata Mae.

Mae berharap melalui sayembara ini dapat menghasilkan sebuah pasar tradisional yang tidak hanya baik secara fisik namun juga memenuhi berbagai aspek. Aspek tersebut diantaranya ekonomi, kebersihan, keamanan, artistik serta berstandar nasional Indonesia.

“Jadi bukan bangunan fisik saja namun harapannya desain yang dihasilkan dapat menyajikan ruang perdagangan dimana ada interaksi yang hangat antara penjual dan pembeli serta mempertahankan ruh ketradisionalan sebuah pasar. Ruh ketradisionalan yang dimaksud yaitu guyub, urup, penuk, prasojo, unik, ndalan dan kalangan,” jelas Mae.

Mae menambahkan bahwa Pasar Godean berdiri di atas lahan seluas 11.261 meter persegi dengan 1.988 pedagang dengan berbagai komoditas dagangan. Pasar Godean juga memiliki kekhas-an tersendiri sebagai pasar belut dan sepeda.

“Sebelum sayembara, kami juga melakukan kesepakatan bersama dengan pedagang Pasar Godean terkait jumlah pedagang, nama pedagang, komoditas disepakati agar nanti pada proses relokasi dan penempatan kembali tidak ada masalah,” pungkasnya.

Bayu

Operasi Patuh Progo 2020 Optimalkan Penggunaan Teknologi ETLE

Previous article

Wakil Walikota Solo Positif Covid-19 Usai Bertemu Jokowi?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman