FeatureNews

47 Nakes GMC Tidak Terkena Covid-19

0
selter Covid-19 UGM
UGM Rapid Test (istimewa /humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Pegawai dan tenaga kesehatan Gadjah Mada Medical Center (GMC) lega setelah hasil pemeriksaan menyatakan negatif Covid-19. Satgas Covid-19 Universitas Gadjah Mada (UGM) menelusuri dan akhirnya memastikan jika 47 nakes GMC tidak terkena Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 UGM, Rustamadji mengatakan piaknya melakukan screening guna mengantisipasi penularan Covid-19 di internal GMC. Setelah diketahui salah satu tenaga kesehatannya (nakes) dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (25/8/2020) lalu juga melakukan perjalanan dari luar kota.

“Terdapat riwayat perjalanan luar kota, dan setelah di Jogja beliau melakukan pemeriksaan,” kata Rustamadji pada Senin (31/8/2020).

Baca juga : UGM Tracing Seluruh Pegawai GMC

 

Rustamadji menjelaskan setelah mengetahui nakes itu positif Covid-19 maka Satgas Covid-19 langsung dekontaminasi ruangan dan mengisolasi tim yang sebelumnya sempat kontak dengan pasien positif itu. Pihaknya juga melakukan swab kepada seluruh nakes GMC untuk mencegah penularan.

” Pelayanan dilakukan oleh tim II setelah dekontaminasi selesai dilakukan. Kami juga menambahkan staf dari unit lain yang membantu di GMC seperti pengamanan dan lain-lain,” ungkapnya.

Guna penanganan yang lebih luas maka mulai Senin (31/8/2020) kemarin UGM juga melakukan rapid test kepada 500-an pegawai di lingkungan Kantor Pusat UGM. Untuk sesi pertama pada Senin pagi, tes dilakukan pada sekitar 100 pegawai.

“Dari 100-an yang dites, tidak ada yang reaktif,” kata dia.

Sekretaris Satgas Covid-19 UGM, Fitriana mengatakan penyelenggaraan rapid test bagi pegawai ini sebagai langkah promotif dan preventif guna mencegah penularan Covid-19 di lingkungan kerja. Upaya ini juga menjadi bentuk dukungan pelayanan kesehatan bagi pegawai selama pandemi.

“Jika ada hasil reaktif akan kita rujuk ke RSA UGM untuk dilakukan tes swab,” ucapnya.

Bayu

Vaksin Covid-19 Rusia dan China Punya Kelemahan

Previous article

Gratis Naik Bus Trans Jateng di Purworejo, Magelang dan Temanggung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature