News

Kasus Covid-19 DKI Jakarta Tembus 50 ribu

0
psbb transisi
FOTO : pemprov dki

STARJOGJA.COM, Info – Keputusan Gubernur DKI Jakarta dalam menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada 14 September mendatang disebut harus dilakukan. Sebab, hingga saat ini total kasus konfirmasi positif virus Corona (Covid-19) di DKI Jakarta menembus angka 50 ribu kasus.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat pada hari ini, Kamis (10/9/2020) kasus positif Covid-19 di DKI bertambah 1.274 kasus sehingga totalnya menjadi 50.671 kasus.

DKI Jakarta pada hari ini menjadi provinsi dengan penambahan kasus positif Covid-19 tertinggi di Indonesia. Selama sepekan terakhir, rata-rata penambahan kasus positif di DKI Jakarta juga mencapai 1.000 kasus.

Baca Juga : Epidemiolog Tidak Paham Klaim Anies dalam Penanganan Covid-19 DKI Jakarta S

Selain itu, DKI Jakarta juga menjadi provinsi dengan penambahan kasus sembuh tertinggi yaitu 1.004 kasus. Dengan demikian total kasus sembuh di provinsi tersebut menjadi 38.228 kasus.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk kembali menerapkan PSBB dan menarik PSBB transisi dengan mempertimbangkan tiga hal.

Ketiga hal itu adalah angka kematian karena Covid-19 yang tinggi, angka keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19, dan tempat tidur ICU untuk pasien Covid-19.

Saat memberi penjelasan, Anies mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa dalam penanganan Covid-19 diutamakan kesehatan, agar ekonomi bisa berjalan. Maka, kata Anies, tidak ada pilihan lain bagi Jakarta untuk menarik rem darurat.

“Presiden tegas, tidak restart ekonomi jika Covid-19 tak tertangani, artinya kita terpaksa PSBB seperti awal pandemi bukan PSBB transisi tapi PSBB awal,” kata Anies.

Anies menyampaikan, PSBB awal pandemi ini diberlakukan mulai 14 September 2020 atau Senin pekan depan. Sejumlah tempat usaha dan perkantoran akan dilakukan pembatasan seperti PSBB awal. Begitu juga untuk restoran, sekolahan, dan tempat ibadah.

Adapun, secara nasional pada hari ini kasus positif Covid-19 kembali mencatat rekor tertinggi. Kasus konfirmasi positif Covid-19 per 10 September bertambah 3.861 kasus sehingga totalnya menjadi 207.203 kasus.

Kemudian, kasus sembuh bertambah 2.310 kasus sehingga totalnya menjadi 147.510 kasus, sedangkan kasus meninggal bertambah 120 sehingga totalnya menjadi 8.456 kasus.

 

Sumber : Bisnis

Bayu

Sultan Khawatir Imbas PSBB DKI Jakarta

Previous article

Kegiatan Berkumpul Warga Picu Penyebaran Klaster Keluarga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News