Health

Cerita Relawan Vaksin Corona Pfizer

0
pengakuan disuntik vaksin
relawa Elisa Granato diuji coba suntik vaksin virus corona(Istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Relawan vaksin virus corona (Covid-19) dari Pfizer dan BioNTech menceritakan pengalamannya ketika disuntikan vaksin itu. Relawan itu mengaku mengalami mual dan pusing usai menerima suntikan tersebut.

Kendati begitu, efek yang dirasakan oleh relawan yang menerima suntikan dari Pfizer hanya sementara saja. Glenn Deshields yang berusia 44 tahun berasal dari Austin, Texas mengungkapkan bahwa kondisi kesehatan yang kurang baik hanya muncul dalam jangka pendek.

Mengutip dari Express UK, Kamis (12/11/2020) beberapa dari orang yang tertular Covid-19 memiliki kemiripan saat disuntik vaksin flu, efek sampingnya termasuk sakit kepala dan nyeri otot.

Baca Juga : Vaksin Pfizer Efektif Lebih dari 90 Persen, Fauci Antusias

Sementara itu, relawan lain, Carrie berusia 45 tahun dari Missouri mengatakan dirinya merasakan sakit kepala, demam, dan nyeri tubuh setelah mendapatkan suntikan pertamanya pada September 2020.

Carrie melanjutkan bawa efek sampingnya meningkat setelah dosis keduanya pada bulan lalu. Penting untuk dicatat bahwa percobaan ini buta ganda, artinya para peserta tidak tahu apakah mereka menerima vaksin atau plasebo.

Deshields menambahkan mengalami gejala seperti mabuk. Guncangan pada sistem kekebalan membuatnya yakin tentang vaksin tersebut. Kendati mengalami berbagai efek samping, dia mengatakan tetap bersemangat dengan berita tentang efektivitas vaksin yang diumumkan awal pekan ini.

“Kakek saya, salah satu kenangan pertamanya adalah lonceng yang berdering ketika Perang Dunia Pertama berakhir. Itu adalah perang yang mengerikan dan orang senang itu telah berakhir. Kini saya merasakan hal yang saya, saya merasa seperti itu. Syukurlah ini akan berakhir suatu saat,” katanya.

Sebagai informasi, jika vaksin corona lolos dari semua pemeriksaan keamanan, maka akan memiliki implikasi yang sangat besar untuk menghentikan pandemi Covid-19.

Namun demikian, pertanyaan kritis masih tetap ada tidak terkecuali terkait kemanjuran jangka panjang dari vaksin tersebut dan efek samping yang ditimbulkan.

Sumber : Bisnis

Bayu

Cek ! Ini Lomba Seru di Pekan Literasi 2020

Previous article

Perkantoran Diminta Perketat Penerapan Protokol Kesehatan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health