Lifestyle

Bahaya Menyimpan Dendam dalam Kehidupan

0
bahaya dendam
Ilustrasi Buku (foto : Dewi Gunarto)

STARJOGJA.COM, Info – Sering merasakan dendam dalam diri Anda? Maka harus mengerti bahaya dendam jika terus dipendam. Menyimpan dendam dalam kehidupan akan berimbas pada kehidupan Anda kedepannya, ini sangat bahaya.

Tapi tahukah Anda bahwa menyimpan dendam sama sekali bukan hal yang baik untuk dilakukan? Berikut alasannya seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (24/11/2020).

1. Menyimpan dendam berarti mengingat kembali kenangan pahit dan membiarkan emosi negatif menguasai pikiran dan hati Anda.

2. Tidak ada bijak dalam mengganti kebahagiaan, cinta dan kepositifan dengan kebencian dan perasaan beracun.

3. Hidup ini terlalu singkat untuk merasa kesal atas sesuatu yang menyakiti perasaan Anda dan membuat Anda merasa sengsara.

Baca juga : Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

4. Dengan menyimpan dendam terhadap seseorang, Anda membiarkan orang yang beracun memiliki kehadiran yang tidak pernah berakhir dalam hidup. Anda membuat orang itu tetap hidup dalam pikiran sadar Anda.

5. Anda terus menerus menyakiti diri sendiri dengan memperhatikan saat-saat yang dibenci dari lubuk hati Anda yang paling dalam.

6. Menyimpan dendam tidak kurang dari menghilangkan kenangan mengerikan dan menghantui dari sesuatu yang menghancurkan hati Anda.

7. Anda mengulang kembali kenangan pahit dan kesal itu berulang kali dan membuang-buang emosi Anda.

8. Anda menyakiti diri sendiri lebih lanjut dengan melalui kata-kata pahit, insiden, dll. Dengan melakukan itu, Anda tidak membiarkan diri Anda bergerak dan fokus pada hal-hal positif.

9. Memikirkan kejadian-kejadian yang menyebabkan Anda kesakitan dan membuat Anda merasa sengsara, menyebabkan Anda stres dan dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda.

10. Dendam menyakiti Anda lebih dari orang yang tidak lagi Anda ajak bicara. Orang lain mungkin tidak menyadari bahwa Anda masih belum bisa move on meskipun Anda telah memutuskan hubungan satu sama lain.

11. Ketika Anda menyimpan dendam terhadap seseorang, Anda lah yang paling terpengaruh. Ini karena orang lain sudah pindah tetapi Anda masih belum bisa move on.

12. Anda mungkin tidak perlu berdebat dengan seseorang yang Anda cintai. Ini akan semakin merusak persamaan Anda dengan orang-orang dalam hidup Anda.

Sumber : Bisnis

Bayu

Pemerintah Segera Umumkan Pemangkasan Libur Akhir Tahun

Previous article

KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle