FeatureNews

Dinsos DIY dan Tagana Layani Pengungsi Merapi Sesuai Prokes

0
pengungsi Merapi
Dinas Soaial dan Tagana DIY(aldy)

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah DIY melalui Dinas Sosial melayani pengungsi erupsi Gunung Merapi di Sleman. Sigit Alfianto Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DIY mengatakan pemerintah memiliki tugas dalam memberikan perlindungan jaminan sosial korban bencana alam dan sosial.

“Tugas kami menyiapkan kebutuhan korban bencana mulai dari makanan, shelter dan akses lainnya yang menjadi hak korban bencana selama mengungsi dalam hal ini pengungsi Merapi,” katanya dalam Talkshow di 101,3 Starjogja FM Rabu (25/11/2020).

Sigit mengatakan pihaknya sudah belajar dari peristiwa alam di tahun 2006 dan tahun 2010 lalu. Sehingga pelayanan ke pengungsi jauh lebih matang seperti yang dilakukan saat ini.

“Saat ini kami sama membuka dapur umum di dua titik di posko utama untuk petugas dan di Glagah Harjo untuk petugas dan pengungsi kita ada 80 orang Tagana,” katanya.

Baca juga : Update Data Pengungsi Erupsi Merapi di Desa Glagahrejo

Sigit menjelaskan sejak 5 November 2020 status Merapi naik dan Bupati Sleman menetapkan status tanggap darurat pihaknya langsung menyiapkan shelter, dapur umum dan layanan psiko sosial.

“Permakanan kita sajikan tiga kali sehari, sandang, kasur matras, selimut toiletris, juga shelter atau tenda, kami dapat tenda yang sudah bersekat untuk penanggunalangan Covid-19 di Glagah Harjo, Cangkringan Sleman,” katanya.

Winarto Kepala Posko Tagana DIY mengatakan saat ini pihaknya memastikan penerapan protokol kesehatan di tempat pengungsian.

“Saat di pengungsian warga dilibatkan dalam kegiatan di pengungsian. Kita melibatkan ibu dalam menyiapkan menu masak hari ini,” katanya.

Budi Utomo Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) DIY menambahkan Tagana sudah siap bertugas sejak ada pengungsian didirikan. Mulai dari pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi selain juga ada pendataan dilakukan setiap hari.

“Shelter sekarang baru kelompok rentan dan belum terlalu banyak. Kekurangan belum terasa. Prokes tetep di depan barak pemasangan 5 cuci tangan, kita ada barak bersekat juga,” katanya.

Bayu

Novel Baswedan Pimpin Penangkapan Menteri KKP Edhy

Previous article

ARMY! BTS Masuk Nominasi Grammy Awards 2021

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature