News

Perumnas Mandiri, Bangkitkan UMKM Tangguh

0
Perumnas
program kemitraan oleh Perum Perumnas di Gunungkidul (David harianjogja)

STARJOGJA.COM, Info – Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), dengan satu tujuan yang sangat dekat dengan peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangka untuk penguatan UMKM yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua (Tujuan 8), Perumnas sebagai salah satu BUMN klaster infrastruktur yang bergerak di bidang developer berkomitmen untuk menyalurkan ProgramKemitraan (PK).

Program Kemitraan merupakan program pembiayaan atau pendanaan dari BUMN kepada UMKM agar lebih tangguh dan mandiri. Selain memberikan pendanaan modal kerja dengan jasa administrasi yang sangat ringan, Perumnas juga memberikan pembinaan dan pelatihan bagi mitra binaannya secara intens untuk memperluas pangsa pasar.

“Perumnas mulai menyelaraskan program-program terkait UMKM yang sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan mendukung program Pemerintah Ekonomi Nasional (PEN) membangkitkan roda ekonomi khususnya UMKM yang sesuai dengan lini perusahaan dengan harapan turut mendukung rantai bisnis Perumnas,” tutur General Manager Sekretaris Perusahaan Perum Perumnas Dian Rahmawati dalam siaran pers Senin (30/11/2020).

Baca juga : Gemawang Jadi Lokasi Percontohan Perumahan di Bentaran Sungai

Pendanaan yang bersumber dari dana bergulir Program Kemitraan Perumnas saat ini diberikan kepada salah satu klaster UMKM di Yogyakarta yang sesuai dengan core bisnis perusahaan yaitu Kelompok Beton Sejahtera tepatnya di Bunder, Patuk, Yogyakarta dengan anggota kelompok terdiri dari 10 pelaku usaha di bidang usaha pembuatan buist beton, batako, loster, dan kubah masjid. Distribusi pemasaran usaha beton ini mencakup wilayah Yogyakarta, Klaten, Magelang dan Solo. Penyerahan pendanaan modal kerja oleh Perumnas yang juga melibatkan SKPD wilayah Gunungkidul dilaksanakan pada Senin, 30 November 2020 dengan plafond sebesar Rp500.000.000,-.

Beny selaku ketua Kelompok mengatakan, “Banyak manfaat yang didapatkan sebagai mitra binaan Perumnas, salah satunya yaitu kemudahan akses mendapatkan tambahan modal kerja dengan jasa administrasi ringan untuk mengembangkan usaha kami.”

Perumnas aktif mendukung dan membina mitra binaan yang pelaksanaanya mendukung bisnis inti dan menciptakan nilai tambah bagi perusahaan yaitu menciptakan nilai manfaat positif bagi masyarakat dan nilai ekonomi bagi perusahaan melalui Program Kemitraan.

“Harapannya program ini mampu menaikkan kelas pelaku UMKM menjadi pengusaha kecil unggul dan mandiri,” imbuh Dian.

Dalam penyaluran program kemitraan, Dian juga menegaskan kepada seluruh mitra binaan agar tidak memberikan imbalan apapun kepada pegawai Perum Perumnas yang melakukan survey dan pencairan di lapangan, agar dapat terhindar dari tindakan gratifikasi, sehingga diharapkan kerjasama dapat terbangun antara Perum Perumnas dan mitra binaan dengan definisi kemitraan yang benar.

Diharapkan dengan adanya pendanaan modal kerja UMKM di Indonesia semakin bangkit khususnya saat ini dari keterpurukan pandemi COVID-19. Lain dari pada itu, Perumnas kedepannya dapat memberikan program yang terus mendukung pembangunan khususnya infrastruktur yang berkelanjutan untuk Indonesia sesuai dengan SDGs.

Bayu

PKS Meluncurkan Lambang, Mars, dan Hymne Baru

Previous article

Gunung Merapi Mendekati ke Arah Erupsi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News