News

Epidemologi UI Kasus Covid-19 Mencapai Puncak di Pertengahan 2021

0
zona jawa timur
Kota Surabaya masuk zona hitam dalam peta sebaran kasus Covid-19 di Jawa Timur pada 2 Juni 2020. - Twitter @Jatim_Pemprov

STARJOGJA.COM, Info – Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia mencapai 772.103 orang Senin (4/11). Jumlah ini menurut pakar epidemologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono akan mencapai puncaknya Covid-19 terjadi pada pertengahan 2021.

Dia pun menyarankan agar pemerintah menyiapkan rencana matang untuk menurunkan peningkatan kasus Covid-19 yang diprediksi terjadi pada pertengahan tahun ini.

Melalui akun Twitter @drpriono1, Pandu Riono mengunggah kembali banner berisi ucapannya pada Agustus 2020. Dalam keterangan tersebut tertulis bahwa apabila kondisi pandemi tidak ditangani secara serius, maka akan membuat pandemi bertahan hingga pertengahan 2021.

Baca juga :  Ketua Satgas Covid-19 Belum Tahu Puncak Pandemi

“Kecepatan penularan dilihat bertahap, dari statistik percepatan transmisi, wow kaget. Kalau tidak melakukan penanganan secara serius kemungkinan akan terus sampai 2021, pertengahan atau awal semester pertama baru sampai puncaknya,” kata Pandu, Senin (4/1/2021).

Menurutnya, kurva pandemi tidak ditentukan oleh belas kasih virus SarsCov-2. Dia menilai pemerintah dan masyarakat sendiri yang menentukan kapan pandemi dapat diatasi.

“Kalau kita ingin kurva melandai pertengahan tahun 2021, kita perlu Renstra [rencana dan strategi] dan implementasikan dengan kerja keras bersama-sama. Tanpa rencana, nasib NKRI tak jelas,” cuitnya.

Adapun, hingga kini kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia menyentuh 772.103 kasus dengan 639.103 pasien dinyatakan sembuh serta 22.911 orang meninggal dunia.

Dari jumlah tersebut, positivity rate atau jumlah hasil positif dibagi dengan jumlah kasus yang diperiksa mencapai 15,4 persen. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan anjuran WHO berada di bawah 5 persen.

Sumber : Bisnis

Kasus Bunuh Diri 2020 di Gunungkidul Menurun

Previous article

Seni Instalasi Terumbu Karang Karya Seniman Teguh Onstenrik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News