Flash InfoTechno

WhatsApp Dilengkapi Backup Chat dengan Kata Sandi

0
backup chat

STARJOGJA.COM, TEKNO – WhatsApp Dilengkapi Backup Chat dengan Kata Sandi. WhatsApp dilaporkan sedang meningkatkan kualitas cloud backup yang selama ini digunakan dengan memberikan fitur perlindungan kata sandi yang akan mengamankan backup percakapan (chat). 

WABetaInfo mengungkapkan informasi tersebut dalam sebuah cuitan berisikan cuplikan tampilan fitur itu dalam aplikasi versi Android dan iOS.

Melansir dari The Verge, Selasa (09/03/2021), fitur ini diketahui dapat membuat hasil backup hanya bisa diakses oleh pengguna dan bertujuan untuk menghindari upaya akses tanpa izin ke dalam tempat di mana percakapan tersebut disimpan.

“Anda bisa memasang sebuah kata sandi yang dapat mengenkripsi backup [percakapan] untuk ke depannya. Kata sandi ini akan diperlukan ketika Anda memulihkan [percakapan] dari backup tersebut,” tulis sebuah tangkapan layar yang ditayangkan dalam akun Twitter @WABetaInfo.

Aplikasi tersebut kemudian meminta pengguna untuk mengonfirmasi nomor telepon mereka dan memilih sebuah kata sandi dengan jumlah minimal delapan karakter. Dalam tangkapan layar lainnya juga tertera tulisan bahwa pihak WhatsApp tidak akan dapat membantu memulikan kata sandi yang terlupakan.

Meski percakapan dalam WhatsApp merupakan percakapan dengan sistem end-to-end encrypted, yang artinya hanya bisa terlihat antara pengirim dan penerima, layanan tersebut memberikan peringatan bahwa perlindungan tersebut tidak sampai pada backup daring yang disimpan dalam Google Drive maupun iCloud.

Fitur ini diketahui telah hadir seiring dengan munculnya berbagai permasalahan terkait dengan ketentuan layanan terbaru yang pernah diluncurkan beberapa waktu lalu, di mana ketentuan ini menimbulkan berbagai ketakutan akibat dugaan adanya pembagian data pribadi pengguna kepada Facebook sebagai perusahaan induk.

Meski WhatsApp menekankan bahwa ketentuan tersebut tidak memengaruhi keamanan dari percapakapan pribadi pengguna, tetapi adanya hal ini membuat perusahaan penyedia layanan serupa seperti Signal dan Telegram mendapatkan perhatian dari pengguna yang ingin mencari alternatif aplikasi percakapan.

WhatsApp menolak berkomentar kepada The Verge terkait fitur yang belum diumumkan tersebut, tapi WABetaInfo diketahui memiliki rekam jejak yang baik dalam mengungkapkan fitur yang belum dirilis sebelum resmi meluncur seperti pada fitur penambahan kontak dengan kode QR atau fitur pesan yang menghilang (self-destruct messages) sebelum pengumuman resmi.

Stadion Maguwoharjo Siap Sambut Piala Menpora 2021

Previous article

Rusia lambatkan akses ke Twitter

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info