News

Langka, Pameran Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta

0
Pameran Jamuan Kenegaraan Keraton
Pameran Jamuan Kenegaraan Keraton (kepatihan)

STARJOGJA.COM, Info – Keraton pun menggelar Pameran Temporer Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta di Kompleks Kedhaton, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat tiga bulan ke depan. Pameran peralatan makan ini biasanya digunakan dalam tradisi jamuan di Yogyakarta pascapemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1755-1792) hingga saat ini.

Puncaknya pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII yang ditandai dengan munculnya istilah rijsttafel, yaitu sajian
makan nasi yang dihidangkan secara spesial. Berbagai sajian dalam jamuan tidak terbatas pada kuliner maupun kudapan, tetapi juga protokol yang menyertainya.

Dahulu, sering diadakan jamuan bergaya Eropa di Bangsal Manis dengan menu ala barat disertai dengan seni pertunjukan sebagai bagian dari ritual kenegaraan. Pameran Bojakrama akan memperlihatkan berbagai koleksi peralatan makan & minum yang terbuat dari perak, porselin hingga kristal koleksi Keraton Yogyakarta.

Baca juga : Gusti Moeng Terkurung di Istana, Lagi Konflik Keraton Solo

Setidaknya ada 60 set koleksi yang akan diperlihatkan untuk Pameran Bojakrama kali ini. Selain itu, ada pula cerita mengenai perjamuan kenegaraan di Keraton Yogyakarta yang digambarkan dengan foto dan ilustrasi sebagai pelengkap.

Pembukaan Pameran Bojakrama akan disiarkan melalui kanal Youtube Kraton Jogja pada 2 April 2021 pukul 18.30 WIB. Tidak ada seremoni khusus atau acara langsung di lokasi. Pembukaan pameran akan diawali dengan sambutan dari Ngarsa Dalem kemudian disusul dengan pemutaran video proses persiapan Pameran Bojakrama dan dilanjutkan dengan penampilan Beksan Kuda Gadhingan yang telah direkam dan
disiarkan secara premier.

Pameran Bojakrama akan diikuti dengan berbagai acara edukasi, seperti Sudut Kurator yang membahas mengenai koleksi perlengkapan makan dan minum Keraton Yogyakarta secara daring melalui zoom. Ada Virtual Tour yang akan mengajak berkeliling ke tempat-tempat penting yang pernah digunakan untuk perjamuan di Keraton Yogyakarta. Selain itu, juga akan ada Workshop Minum Teh, dimana setiap peserta yang mengikuti akan dikirimkan teh dan berinteraksi secara langsung melalui zoom meeting sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Selain itu juga akan ada Pentas Musikan Mandalasana yang akan disiarkan melalui kanal youtube Kraton Jogja.

PAMERAN
2 April 2021 – 27 Juni 2021 HTM : Rp 20.000,-
Selasa – Minggu Pukul 08.00 – 14.00 WIB
Bulan puasa : Jumat – Minggu pukul 11.00 – 17.00 WIB

Layanan GeNose C19 di Bandara YIA Biaya Rp40.000

Previous article

Toyota dan ITDC Kembangkan Mobil Listrik di Bali

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News