Kota Jogja

Warga Yogyakarta Harus Bijak Kelola Sampah Masker

0
tempat sampah ramah lingkungan

STARJOGJA.COM, Info – Saat pandemi Covid-19 warga Yogyakarta diminta untuk bijak dalam mengelola sampah masker. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto mengatakan sebab jika tidak bijak maka sampah masker ini akan menjadi permasalahan baru di tempat pembuangan sampah di Yogyakarta.

“Masih banyak sampah masker yang ditemukan bercampur dengan sampah rumah tangga di tempat pembuangan sampah. Seharusnya, sampah tersebut dikelola dengan baik sebelum dibuang,” katanya, Jumat (23/4/2021).

Menurut dia, masyarakat dapat melakukan upaya sederhana sebelum membuang sampah masker yaitu merusak atau memotong masker yang sudah tidak digunakan kemudian dimasukkan dalam wadah khusus dan dibuang di tempat tersendiri.

Baca juga : Menggunakan Dua Masker Lebih Aman?

“Namun, masih banyak yang dibuang begitu saja atau dicampur dengan sampah dari rumah tangga. Ini bisa menimbulkan pencemaran lingkungan. Makanya, perlu edukasi yang lebih gencar dari DLH dan dari Dinas Kesehatan terkait pengelolaan sampah masker,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Sugeng, belum ada tempat khusus untuk membuang sampah masker dan akan lebih baik jika di tiap tempat pembuangan sampah dilengkapi dengan tempat khusus untuk sampah masker.

“Hanya saja, sampah masker ini tergolong sebagai sampah medis sehingga penanganannya berbeda dengan sampah rumah tangga,” katanya.

Selama ini, lanjut Sugeng, petugas dari DLH Kota Yogyakarta yang melakukan pengambilan atau pembuangan sampah diminta untuk semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan saat sedang menjalankan tugasnya.

“Ketika menemukan sampah masker, maka petugas diarahkan untuk memisahkan dan menempatkannya dalam wadah tersendiri. Ini upaya yang bisa kami lakukan,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Pusat Inovasi Agroteknologi UGM menempatkan satu unit “Dropbox Used Mask” atau Dumask untuk menampung masker bekas pakai di sekitar akses pintu keluar kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Dumask tersebut diharapkan tidak hanya dimanfaatkan oleh karyawan di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk membuang masker bekas pakai, tetapi juga oleh masyarakat sekitar.

Sebelum dibuang ke Dumask, masker sudah dimasukkan dalam kantong plastik atau kertas yang tertutup rapi.

Sumber : Antara

Bayu

3 Perempuan yang Manfaatkan TikTok untuk Wirausaha

Previous article

Ini Cara Joging Aman Saat Puasa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja