Info KopiKOPIKU

5 Efek Samping Minum Kopi untuk Kesehatan

0
kopi kolesterol
Ilustrasi Secangkir Kopi ( FOTO : Satria Agni )

STARJOGJA.COM.HEALTH – Ada 5 Efek Samping Minum Kopi untuk Kesehatan. Kopi adalah minuman hangat umum yang diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk melindungi dari demensia, serta membantu Anda merasa lebih terjaga. Tetapi minum terlalu banyak kopi sebenarnya lebih berbahaya daripada kebaikan.

Kebanyakan orang minum kopi karena mereka suka rasanya yang khas. Kafein menstimulasi sistem saraf, jantung, dan otot, serta membantu orang untuk merasa lebih waspada dan terjaga.

Kopi umumnya cukup aman jika dikonsumsi baik dalam jumlah kecil atau sedang. Tapi, kafein dosis tinggi dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan atau bahkan berbahaya seorang ahli gizi memperingatkan.

Tidak ada yang benar-benar menunjukkan apakah Anda akan menghadapi risiko efek samping, karena beberapa orang lebih rentan daripada yang lain.

Orang yang tidak minum kopi secara teratur dapat mengalami efek samping setelah mengonsumsinya dalam jumlah yang relatif kecil.

“Kopi dan teh adalah minuman yang sangat sehat,” kata ahli gizi Franziska Spritzler.

“Sebagian besar jenis mengandung kafein, zat yang dapat meningkatkan suasana hati, metabolisme, serta kinerja mental dan fisik Anda. Namun, kafein dosis tinggi mungkin memiliki efek samping yang tidak menyenangkan dan bahkan berbahaya. Untuk mendapatkan manfaat kafein tanpa efek yang tidak diinginkan, lakukan penilaian yang jujur terhadap tidur Anda, tingkat energi dan faktor lain yang mungkin terpengaruh, dan kurangi asupan Anda jika diperlukan.”

Apa saja efek samping dari kopi? berikut dilansir dari Express :

1. Sering buang air kecil

2. Kelelahan

3. Tekanan darah tinggi

4. Masalah pencernaan

5. Insomnia

Tidak ada jumlah pasti kopi yang boleh Anda minum setiap hari. Tetapi, secara umum, apa pun hingga 400mg kafein setiap hari tampaknya aman untuk kebanyakan orang dewasa.

Secangkir kopi mungkin mengandung sekitar 100mg kafein, jadi sebaiknya hindari minum lebih dari empat cangkir setiap hari.

Anda harus mengurangi jumlah kopi dalam makanan Anda jika Anda sering mengalami sakit kepala, insomnia, gugup, atau detak jantung yang cepat.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Pemda DIY Akui Ada Pemudik yang Lolos

Previous article

Kelamaan Mandi Ternyata Bahaya !

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi