Info KopiKOPIKU

Tak cuman Sumber Kafein, Ini Manfaat Minum Kopi

0
manfaat minum kopi
Ilustrasi Secangkir Kopi ( FOTO : Satria Agni )

STARJOGJA.COM.INFO – Tak cuman Sumber Kafein, ternyata ada banyak Manfaat Minum Kopi. kopi juga juga mengandung antioksidan dan zat aktif lain yang dapat mengurangi peradangan internal dan melindungi tubuh dari beberapa penyakit.

Berikut beberapa manfaat dari kopi:

1. Membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2
Kopi mengandung bahan kimia tumbuhan alami yang disebut fitokimia yang dapat membantu mencegah penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2. Para peneliti menemukan bahwa peminum kopi yang mengonsumsi satu hingga enam cangkir per hari telah mengurangi kemungkinan mereka terkena diabetes tipe 2 hingga 50%.

Selain itu, konsumsi kopi yang konsisten dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah di Afrika Amerika dibandingkan dengan tidak ada konsumsi kopi.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung
Konsumsi kopi moderat telah dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dari penyebab yang berhubungan dengan jantung, seperti stroke dan penyakit kardiovaskular, tetapi hasilnya bertentangan.

Namun, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Circulation: Journal of American Heart Association menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari dua cangkir kopi per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung 22%.

3. Membantu mencegah Penyakit Parkinson
Para peneliti di Universitas Harvard dan Brigham and Women’s Hospital di Boston meneliti hubungan antara konsumsi kopi dan tingkat penyakit Parkinson pada lebih dari 200.000 orang.

Mereka menemukan bahwa yang mengonsumsi kopi paling banyak memiliki risiko 20% lebih rendah terkena Penyakit Parkinson dalam waktu sepuluh tahun dibandingkan yang bukan peminum kopi.

Namun, para peneliti percaya bahwa konsumsi kopi hanyalah salah satu faktor gaya hidup di antara banyak faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya Penyakit Parkinson dan tidak menyarankan agar orang mulai minum kopi untuk mencegah Parkinson.

4. Membantu mencegah demensia dan penyakit Alzheimer
Asupan kopi jangka panjang telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena demensia dan penyakit Alzheimer. Namun, nyatanya hasilnya cenderung bertentangan.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi dua atau tiga cangkir kopi per hari memiliki risiko 18% lebih rendah terkena demensia atau penyakit Alzheimer dibandingkan wanita yang tidak minum kopi.

Para peneliti mengakui bahwa hasil mereka harus ditafsirkan dengan hati-hati dan hanya menyarankan alasan teoretis di balik bagaimana kopi dapat mencegah Alzheimer.

5. Membantu mengurangi tingkat stres
Mengkonsumsi kafein dosis tinggi dapat menyebabkan kecemasan, tetapi konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat membantu mengurangi tingkat stres.

Hasil dari sebuah studi baru menunjukkan bahwa wanita yang minum satu hingga tiga cangkir kopi per hari lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan panik daripada yang bukan peminum kopi. Apalagi bagi peminum kopi, risiko mengalami gangguan kecemasan berkurang hingga 50%.

6. Menurunkan risiko depresi
Beberapa penelitian menemukan bahwa kafein dapat membantu mengurangi gejala depresi, termasuk kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi. Beberapa penelitian juga menunjukkan korelasi antara asupan kopi yang lebih tinggi dan tingkat bunuh diri yang lebih rendah di antara orang dewasa.

Namun, para peneliti mengakui bahwa ini mungkin karena penyebab terbalik, sebuah teori bahwa individu yang depresi lebih mungkin menarik diri dari aktivitas yang pernah mereka nikmati, termasuk konsumsi kopi.

Sekolah Diminta Periksa Kondisi Fisik Bangunannya

Previous article

Limbah Kotoran Burung Puyuh Bisa Jadi Pupuk Organik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi