Info Kopi

100 UMKM Ikut Festival Kopi di Papua

0
Festival Kopi Papua

STARJOGJA.COM, Info – Sebanyak 100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengikuti Festival Kopi yang dilaksanakan Bank Indonesia Perwakilan Papua di Jayapura. Dari 100 UMKM yang mengikuti festival yang akan berlangsung hingga Sabtu (9/10) itu, 40 UMKM di antaranya bergerak di usaha kopi, sisanya dari usaha kuliner, aksesories, fesyen, dan produk lainnya.

Kepala Bank Indonesia (BI) Papua Naek Tigor Sinaga di Jayapura, Senin, mengatakan festival yang dilaksanakan sejak Minggu (3/10) itu sekaligus dalam rangka memeriahkan PON XX.

PON XX yang sedang berlangsung tidak hanya menyuguhkan panggung kompetisi, namun juga kesempatan untuk melihat langsung produk UMKM, keindahan alam, serta adat istiadat masyarakat Papua.

Baca juga :  Festival Kopi Menoreh Tarik Wisatawan Ke Kulon Progo

Berdasarkan data yang dimiliki, UMKM menopang 63 persen dari perekonomian Papua dan ini menunjukkan betapa pentingnya peran UMKM dalam denyut nadi ekonomi Papua.

Sedikitnya 400 UMKM dilibatkan dalam penyelenggaraan PON dengan mempromosikan beragam kerajinan, aksesoris dan kain tradisional khas Papua, hingga aneka kuliner makanan dan minuman.

Dalam mendukung suksesnya PON XX, selain melaksanakan festival kopi, Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua juga bekerja sama dengan seluruh perbankan dan penyelenggara jasa sistem pembayaran meningkatkan jumlah merchant dari 31 ribu pada tahun 2020 meningkat menjadi 75 ribu merchant saat ini.

Dari jumlah tersebut 85 persen di antaranya berada di empat klaster penyelenggara PON yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke, kata Naek Sinaga.

Sumber : Antara

Bayu

Separuh UMKM di Kota Jogja Belum Memiliki NIB

Previous article

Atlet Kena Positif Covid-19, Menpora : PON Papua Tetap Berjalan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi