Pendidikan

UGM Terima 9.120 Mahasiswa Baru

0
Kontes Robot Terbang Indonesia
UGM antivirus covid-19 (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima secara resmi 9.120 mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma IV Tahun Akademik 2021/2022. Upacara penerimaan mahasiswa dilakukan secara luring terbatas oleh pimpinan universitas dan diikuti secara daring oleh seluruh mahasiswa baru, Senin (2/8).

“Kepada seluruh mahasiswa baru, Gadjah Mada Muda kami ucapkan selamat datang di Kampus UGM. Dengan bangga kami menyambut kehadiran keluarga baru Universitas Gadjah Mada. Kalian adalah generasi muda yang unggul, terbaik, dan terpilih,” kata Rektor UGM Prof.Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASEAN Eng.

Rektor menyampaikan dalam 71 tahun perjalanan UGM selalu berusaha memberikan fasilitas terbaik untuk mendukung seluruh sivitas akademika dalam mengembangkan kreativitasnya. Wujud dari fasilitasi terhadap mahasiswa terlihat dengan capaian UGM memperoleh juara satu selama tiga tahun berturut-turut dalam pengelolaan di bidang kemahasiswaan dan juara umum PIMNAS 4 tahun berturut serta sederet prestasi lainnya dalam berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional. Kreativitas mahasiswa saat ini juga akan lebih dapat disalurkan dan diapresiasi dengan adanya program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Baca juga : UGM Terima 2.069 Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN

Sebagai bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada, lanjutnya, para Gamada diharapkan mampu memegang dan melanjutkan estafet perjuangan dengan terus mengembangkan minat dan bakat, serta meningkatkan potensi diri melalui berbagai kreasi. Peningkatan potensi diri Gamada dapat diraih melalui keaktifan di berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik. Hal ini mendorong dan menantang sivitas UGM semua untuk menorehkan prestasi-prestasi baru yang membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia, di tengah kondisi yang penuh tantangan sekalipun termasuk pandemi Covid-19.

Berbagai penelitian dilakukan dan membuahkan hasil nyata untuk penangana pandemi Covid-19. Kegiatan pengabdian untuk kemanusiaan juga dilakukan dalam penanganan Covid-19 dengan melibatkan berbagai pihak. Dalam proses melahirkan karya dan melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan sivitas akademika UGM menjunjung tinggi prinsip inklusivitas dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat luas.

Di akhir sambutannya, Rektor kembali berpesan kepada para Gamada untuk bersama-sama, mengusung segenap modal sosial yang tersebar di seluruh penjuru negeri untuk mencapai kesejahteraan sosial yang dicita-citakan.

“Kini, kalian telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada. Untuk itu, tanggung jawab besar telah diserahkan di pundak kalian dengan harapan yang besar dan niat yang luhur untuk dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia. Mengabdilah dan terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dimanapun kalian berada dengan mematri nilai-nilai dan jati diri UGM,” pesan Rektor.

Sementara Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM, Prof.Dr.Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., menyampaikan pada tahun ajaran akadmeik 2021/2022 UGM menerima sebanyak 9.120 mahasiswa baru yang terdiri dari 7.798 mahasiswa Program Sarjana dan 1.412 mahasiswa Program Diploma IV/Sarjana Terapan.

“Dari jumlah yang diterima terdapat 22,6 % mahasiswa penerima bantuan KIP K yang dulu merupakan program Bidikmisi,” jelasnya.

Pada Program Sarjana, jumlah lulusan sekolah menengah yang memilih UGM baik sebagai pilihan 1, 2, maupun 3 sejumlah 165.123 orang yang tersebar di 70 program studi. Sedangkan yang memilih Program Diploma IV/Sarjana Terapan pada tahun ini 21.063 untuk 21 program studi.

Pada tahun 2021 ini, selain menerima mahasiswa dari brbagai daerah di tanah air, UGM juga menerima mahasiswa asing dari Iran, Qatar, Uni Emirat Arab dan lain sebaginya. Mereka mengikuti program double degree atau program sarjana. Lalu, mahasiswa termuda yang diterima tahun ini adalah Mutiara Anindyana Hapsari yang diterima di Fakultas Farmasi dengan usia 15 Tahun, 7 Bulan, Dan 22 hari.

Dalam upacara penerimaan mahasiswa baru tersebut Mensesneg, Prof. Praktino dan Mendikbudristek Nadiem Makarim turut menyampaikan sejumlah pesan kepada para Gamada. Mensesneg berpesan kepada para Gamada untuk menjadi kontributor terhadap kemajuan bangsa dan problm solver kemanusiaan sejak dini. Sedangkan Mendikbudristek menyampaikan pihaknya memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan berkontribusi untuk negeri melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka seperti Pertukaran Mahasiswa, Magang, Kampus Mengajar, Proyek Kemanusiaan, Studi Independen, Riset dan Penelitian, Wirausaha, Membangun Desa, dan Bela Negara.

Sebelum memulai perkuliahan, para mahasiswa baru UGM ini dijadwalkan mengikuti Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB UGM) 2021 selama 2 pekan mulai 2-14 Agustus 2021. PPSMB kali ini mengusung tema “Ragam Kreasi UGM Pancarkan Pesona Pertiwi”. Tema tersebut memiliki makna bahwa PPSMB UGM mengajak Gamada untuk berkreasi secara kreatif, inovatif, dan adaptif. Mengangkat potensi yang ada di bumi pertiwi dan mendharmabaktikan kreasi bagi bumi pertiwi berdasarkan nilai-nilai ke-UGM-an.

Pengambilan Bansos di Jogja dan Bersamaan dengan Vaksinasi

Previous article

Menkes Jabarkan Lonjakan Kasus Covid-19 di Luar Jawa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan