Pendidikan

Mahasiswa UGM Sukses Terapkan Teknologi Aero Microbubble

0
aero microbubble
Lokasi ditemukan Korban Laka Sungai Sempor ( FOTO : Arif Mujiono)

STARJOGJA.COM, Info – Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia pada tahun 2014 telah melaporkan bahwa sekitar 60-70% sungai yang berada di Indonesia telah tercemar limbah rumah tangga. Padahal sungai sungai tersebut tidak jarang masih digunakan warga untuk kegiatan mandi, cuci dan sumber air minum. Melihat kondisi tersebut, sejumlah mahasiswa tim Program Kreativitas Mahasiswa- Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Gadjah Mada mengembangkan alat inovasi untuk mengurangi tingkat pencemaran sungai melalui teknologi aero microbubble.

Alat yang dikembangkan oleh Mahesa Audriansyah Agatha, Yeyen Karunia, M. Taufik Hermawan yang ketiganya berasal dari Sekolah vokasi beserta Zahratul Khasanah dari Departemen Teknik Kimia, dan Pamela Chanifah prodi Kimia FMIPA dengan didampingi oleh dosen pendamping Felixtianus Eko Wismo Winarto M.Sc. Ph.D., berhasil menerapkan teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Dusun Drono, Desa Sardonoharjo, Ngaglik, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mahesa menuturkan bahwa di dusun tersebut terdapat limbah yang masih mengeluarkan bau tidak sedap yang dibuang ke sungai sehingga terjadi pencemaran air. Melalui program Aero bubble yang mereka rancang mampu mengurangi bau tidak sedap pada IPAL dengan melarutkan oksigen melalui gelembung-gelembung udara berukuran mikro dengan efektifitas yang tinggi dan merata pada permukaan air.

Baca juga :Pengembangan Aerotropolis Ibukota Negara Baru, Kemenhub Kerja Sama dengan UGM

“Berdasarkan hasil percobaan yang tim kami lakukan untuk menghilangkan bau pada limbah IPAL komunal dengan volume 8 liter diperlukan waktu 20 menit menggunakan alat yang telah kami rancang,” kata Mahesa dalam rilis yang dikirim Senin (16/8).

Namun demikian, Mahesa dan rekannya tidak hanya menerapkan teknologi pengolahan limbah namun mengembangkan energi terbarukan. Salah satunya pemanfaatan bakteri Anaerob pada IPAL sebagai penghasil biogas.”Pemanfaatan Bakteri Anaerob pada IPAL untuk Biogas Biogas merupakan energi yang dihasilkan dari limbah organik seperti kotoran ternak, atau limbah domestik. Limbah-limbah tersebut akan melalui proses urai yang dinamakan anaerobik digester di ruang kedap udara,” katanya.

Menurutnya untuk memaksimalkan potensi IPAL komunal terutama pada pemanfaatan bakteri anaerob, biogas merupakan salah satu pemanfaatan yang dapat dilakukan dan dinilai mempunyai kebermanfaatan yang tinggi bagi masyarakat di Dusun Drono.

Pengelolaan biogas dari limbah diharapkan dapat menciptakan pola sinergitas pengelolaan limbah yaitu pemanfaatan energi yang terjangkau dan energi yang ramah lingkungan, dimulai dari skala kecil. Selain itu, pihaknya juga melakukan pemanfaatan tenaga surya Sebagai Sumber Energi Listrik. “Energi listrik yang dihasilkan dari Panel Surya dapat berguna sebagai sumber listrik bagi Aerator di IPAL. Energi listrik yang tersimpan pada baterai di Panel Surya mampu menyalakan Aerator dalam kurun waktu 8 jam. Dengan begitu, Panel Surya diharapkan dapat mengubah paradigma pembangunan di Dusun Drono untuk menunjang pemanfaatan sumber energi matahari yang tersedia secara efektif dan efisien,” urainya.

Meski program pengabdian penerapan teknologi tepat guna yang mereka lakukan lewat kegiatan PKM-PM namun Mahesa berharap inovasi di bidang teknologi ini bisa menangani permasalahan masyarakat Dusun Drono. Tak hanya itu, program ini nantinya dapat dikembangkan pada daerah-daerah yang masih memiliki permasalahan yang sama. “Kita harapkan program ini dapat membantu mengurangi bau tidak sedap pada air limbah serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan melakukan pemanfaatan energi terbarukan agar kelestarian lingkungan di masa depan dapat tetap terjaga,”pungkasnya.

Bayu

Boneka Edukasi Konservasi Berbasis Teknologi Informasi Buatan UGM

Previous article

Jarak Luncur Awan Panas Merapi Meningkat, Ini Pesan Sultan HB X

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan