News

Satuan Relawan Kebakaran Kota Jogja Akan Tersebar di 45 Kelurahan

0
Relawan Kebakaran Jogja
Kebakaran Rumah di Nitiprayan Kasihan Bantul ( Foto : Istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja akan membentuk Satuan Relawan Kebakaran untuk memberbedayakan masyarakat di bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja, Octo Noor Arafat, satuan sukarelawan ini akan tersebar di 45 kelurahan se-Kota Jogja. Tugas Satuan Relawan Kebakaran di antaranya melakukan koordinasi dengan kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), kampung, dan RT/RW untuk sosialisasi mengenai upaya pencegahan dan deteksi dini bencana kebakaran.

“Semacam membuat mitigasi bencana kebakaran yang ada di wilayah, sesuai dengan kondisi dari masing-masing wilayah,” kata Octo di Kompleks Balai Kota Jogja, Rabu (29/9/2021).

Baca juga : Kebakaran, Tiga Orang Meninggal di Kartosuro

Selain pengetahuan, para sukarelawan juga akan mendapat pembekalan kemampuan untuk melakukan pemadaman awal, apabila terjadi bencana kebakaran. Hal ini agar kebakaran tidak semakin meluas. “Penanganan kebakaran menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga penanganan sejak dini sangat diperlukan,” kata Octo.

Apabila penanganan awal kebakaran sulit tertangani, terlebih apinya semakin meluas, Satuan Relawan Kebakaran harus segera melapor ke Dinas Kebakaran dan Peneyelamatan. “Tujuannya agar waktu respons petugas bisa semakin cepat dan kebakaran bisa ditangani lebih baik,” katanya.

Di samping membentuk Satuan Relawan Kebakaran, Dinas Kebakaran dan Peneyelamatan Kota Jogja akan membangun jaringan hidran kering di sejumlah kampung, seperti di Ngadiwinatan dan Purwodiningratan. Hal ini agar bisa memberdayakan masyarakat dalam bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Sumber : Harianjogja

Bayu

Film “Aum!” dan Arti Kebebasan Berpendapat

Previous article

Wayang Jogja Night Carnival Akan Digelar 7 Oktober 2021

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News