Kota JogjaNews

Permintaan paket perjalanan wisata di DIY masih lesu

0
paket wisata
kalisuci (istimewa)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Permintaan paket perjalanan wisata di DIY masih lesu. Informasi ini disampaikan olehAsosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Asita DIY menyebutkan permintaan paket perjalanan wisata dari luar daerah ke provinsi tersebut masih lesu, meski sejumlah destinasi wisata telah melakukan uji coba operasional secara terbatas.

Ketua Asita DIY Hery Satyawan saat dihubungi di Yogyakarta, Senin, menuturkan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta tak berbanding lurus dengan tingkat pemesanan jasa paket wisata di daerah itu.

“Memang terlihat banyak yang datang ke Malioboro tetapi kebanyakan datang sendiri-sendiri tanpa menggunakan jasa biro perjalanan wisata,” kata Hery.

Banyaknya bus pariwisata yang masuk wilayah DIY saat akhir pekan, menurut dia, tak lantas menandakan bahwa bisnis perusahaan jasa perjalanan wisata di DIY sudah pulih. “Itu bisa saja dari kelompok-kelompok masyarakat menyewa bus sendiri,” kata dia.

Ia mengakui sebelum pandemi pemesanan paket perjalanan wisata di DIY didominasi oleh wisatawan mancanegara. Sedangkan pemesanan dari wisatawan nusantara atau domestik sebagian besar berasal dari perusahaan serta instansi pemerintahan.

Masih sepinya pemesanan dari rombongan karyawan perusahaan, menurut dia, dapat dimaklumi sebab tidak sedikit perekonomian perusahaan yang menurun karena terdampak pandemi.

“Dulu memang yang banyak (memesan paket wisata) tamu-tamu asing. Tapi yang dari perusahaan-perusahaan kini juga masih banyak yang sulit mengalokasikan dana untuk piknik karena masih masa pamulihan,” kata dia.

Untuk kembali memulihkan tingkat okupansi biro perjalanan wisata, Hery berharap Pemda DIY dapat memberikan kejelasan peraturan sekaligus penerapan di lapangan.

“Jangan sampai kami sudah bawa tamu tapi enggak boleh masuk, ya nanti kami bisa dikomplain sama tamunya,” kata dia.

SUMBER : Antara

Ada Lho Aplikasi GPS Pelacak Lokal

Previous article

Puluhan Ribu Mahasiswa UGM Siap Kuliah Tatap Muka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja