Flash InfoSport

Meksiko Gelar Turnamen Sepak Bola Tunanetra

0
sepak bola tunanetra

STARJOGJA.COM, SPORT – Meksiko Gelar Turnamen Sepak Bola Bagi Tunanetra. Ibu kota Meksiko, Mexico City,  menggelar turnamen sepak bola bagi para penyandang tunanetra dan mereka yang memiliki gangguan penglihatan. 

Siapa bilang indra penglihatan sangat penting dalam bermain sepak bola. Meksiko, di mana sepak bola merupakan olahraga yang sangat digemari penduduknya, mencoba mengubah pemahaman itu.

Sejumlah aktivis yang memperjuangkan hak-hak penyandang cacat baru-baru ini menggelar turnamen sepak bola yang para pesertanya adalah penyandang tunanetra dan mereka yang memiliki gangguan penglihatan.

Bagaimana mungkin pertandingan sepak bola itu dilakukan? Jawabnya sederhana, mereka menggunakan bola yang mengeluarkan bunyi gemerincing saat bergulir atau ditendang. Dan lapangan sepak bola itu ukurannya lebih kecil, dan dikelilingi pagar yang tidak memungkinkan bola melayang ke luar lapangan.

Peserta diwajibkan mengenakan penutup mata, terlepas dari status kesehatan mata mereka, apakah sepenuhnya buta atau hanya menderita gangguan penglihatan. Mereka yang penglihatannya normal bisa terlibat dalam turnamen itu sebagai kiper, pelatih, wasit dan penonton.

Reinaldo Rivera, seorang penyandang tunanetra yang ikut bermain dalam kompetisi tersebut mengatakan, olahraga sepak bola mempertajam indra-indra lainnya.

“Sepak bola membantu mengatasi rintangan-rintangan kehidupan nyata dalam kehidupan Anda. Misalnya, berjalan di pusat kota untuk seseorang yang tidak dapat melihat hampir tidak mungkin. Tetapi sepak bola membantu saya dalam hal ini, dan banyak hal lainnya. Sepak bola mengasah ketajaman indra-indra yang lain,” jelasnya.

Pria tunanetra berebut bola dalam pertandingan liga sepak bola tunanetra Ignacio Trigueres di pusat olahraga Francisco Mina, Mexico City, 24 Februari 2013. (Reuters)
 ( FOTO : Reuters)

Patricio Ramirez tidak menderita gangguan penglihatan. Ia seorang aktivis yang sering memperjuangkan hak-hak penyandang tunanetra. Pada kompetisi ini, ia berperan sebagai pelatih sebuah tim.

SUMBER : VOA Indonesia

Ditutup, Alun-Alun Selatan Dijaga saat Malam Tahun Baru

Previous article

Vaksinasi COVID-19 Anak Usia 6 – 11 tahun Mulai Selasa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info