FeatureKota JogjaNews

Ini Penampakan Lapak Baru PKL Malioboro

1
Teras Malioboro 

STARJOGJA.COM,JOGJA – Lapak baru pedagang kaki lima (PKL) yang semula menempati jalur pedestrian Malioboro menarik netizen karena modelnya yang tak biasa. Model lapak yang berada di eks Gedung Bioskop Indra bergaya semi industrial seperti layaknya kafe.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan model lapak yang disediakan untuk PKL Malioboro di eks Bioskop Indra menarik. Lapa-lapak ini dibuat dengan gaya semi industrial, dengan kombinasi antara besi dengan kayu. Model lapak juga dibuat menyesuaikan kebutuhan PKL seperti adanya tempat menyimpan stok barang. Eks Gedung Bioskop Indra berada di barat Pasar Beringharjo.

“Karena bangunan [eks Gedung Bioskop Indra] juga industrial sehingga harus disesuaikan. Di bawahnya ada rak atau storage untuk menaruh dagangan stok,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (25/1/2022).

Ia menambahkan lapak yang berada di lantai pertama dan lantai kedua eks Gedung Bioskop Indra akan ditempati PKL yang menjual fashion, kerajinan, dan makanan kering. Warung makan atau restoran siap saji disediakan di gedung sisi lain karena berkaitan dengan fasilitas butuh air bersih lebih banyak.

“Lantai pertama dan kedua yang pasti kering, craftfashion, dan kuliner kering. Artinya bukan yang masak atau siap saji, kalau makanan siap saji [sejenis warung lesehan] di gedung sisi lain. Untuk itu mesti sudah diberikan sarana saluran air, cuci tangan,” katanya.

Ia menambahkan pemindahan awal pada Rabu (26/1/2022) berupa wilujengan sebagai syukuran awal akan menempati lokasi baru. Saat ini, pendaftaran PKL masih berlangsung, dilanjutkan dengan pengundian pemilihan tempat yang akan dilakukan oleh komunitas PKL.

“Ini nanti digelar dialog, kalau orang Jawa mungkin syukuran akan menempati tempat baru agar diberikan berkah. Kami sudah berproses sejak 22 Januari untuk pendaftaran, mendaftarkan data mereka. Sudah ada sosialisasi, mendaftarkan data mereka, mereka ada komunitas maupun individu. Setelah wilujengan, bertahap akan berlangsung perpindahan,” katanya.

SUMBER : Harian Jogja

Setelah 18 Tahun, Keinginan Sultan Memindah PKL Malioboro Terwujud

Previous article

Cara Menolong Orang yang Terkena Serangan Jantung

Next article

You may also like

1 Comment

  1. Smoga sukses bagi pemerintah n umkm…sesuai dg yg dharapkan.sehingga tdk ada pihak yg merasa di rugikan.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature