News

Sultan HB X Sulit Membatasi Wisatawan, Pesan ke Rakyat Yogyakarta

0
Pancamulia
Sultan HB X (Humas Pemda DIY)

STARJOGJA.COM, Info – Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengaku sulit membatasi wisatawan yang masuk ke DIY seiring merebaknya Omicron yang berasal dari pelaku perjalanan. Jalan satu-satunya adalah warga DIY harus bisa menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kita sulit mencegah hal seperti ini [wisatawan] karena kita tidak mungkin mengontrol semua perjalanan mereka baik lewat pesawat kereta api. Jadi harapan saya, warga masyarakat Jogja melaksanakan prokesm pakai masker, jaga diri sendiri itu jadi sesuatu yang penting,” katanya di Kepatihan, Kamis (10/2/2022).

Baca juga : Kasus Covid-19 Meningkat, Sultan HB X Meminta Persiapkan Penanganan Covid-19

“Kita sudah masuk kondisi ketika masyarakat lebih bebas beraktivitas apapun, jadi tidak mudah untuk membatasi. Mungkin akan terjadi gejolak yang besar kalau dari luar kita cegah untuk masuk. Tidak boleh masuk sudah tidak mungkin lagi.”

HB X mengatakan salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan skrining seperti yang dilakukan Pemkot Jogja dengan meminta bus pariwisata masuk ke Jogja lebih dahulu ke Terminal Giawangan.

Akan tetapi Sultan meyakini sebagian besar bus pasti memilih untuk menghindari masuk ke Terminal Giwangan. Di sisi lain tidak mungkin petugas untuk mencegat bus-bus tersebut agar masuk ke Giwangan.

“Pencegahan seperti itu tidak semudah diperkirakan dalam teori. Yang penting harus hati-hati karena Omicron sudah masuk Jogja, gitu saja,” ucapnya.

Sumber : Harian Jogja

Bayu

Harga Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Belum Efektif

Previous article

Vaksin Merah Putih Halal, Masa Berlaku hingga 2026

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News