Flash InfoLifestyle

Wisata Murah Grojogan Watu Purbo

1
wisata di Sleman
Grojogan Watu Purbo, wisata murah di Sleman. - Instagram @grojogan_watupurbo

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Wisata Murah Grojogan Watu Purbo Sleman jadi tempat yang asyik buat liburan. Di sini, kita bisa menikmati Air Terjun Bertingkat Enam.

Grojogan Watu Purbo berlokasi di Desa Bangunrejo, Tempel, Sleman. Air terjun ini memiliki bentuk yang tidak biasa karena membentuk terasering bertingkat enam dan dialiri dengan air terjun kecil.

Grojogan Watu Purbo merupakan air terjun buatan yang semula digunakan untuk mengatasi dampak erupsi Gunung Merapi. Alirannya berasal dari Kali Krasak dan Kali Bebeng, yang diketahui sering terdampak aliran lahar dingin pasca erupsi.

Pada tahun 1957, pemerintah kemudian membuat terasering yang difungsikan sebagai sabo, sebuah sistem penahan aliran lahar. Enam tingkatan di Grojogan Watu Purbo ini merupakan bentukan sabo, sementara bebatuan besar di sekitarnya merupakan batuan alami.

Bertahun-tahun Grojogan Watu Purwbo tidak dirawat, akhirnya oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat berinisiatif untuk mengelolanya menjadi tempat wisata dan pada 2017 mereka resmi memperkenalkan dan membuka tempat ini menjadi objek wisata baru.

Grojogan Watu Purbo memiliki banyak spot foto karena pemandangannya menawarkan keindahan alam yang menawan. Pepohonan hijau yang melingkari Grojogan Watu Purbo membuat tempat ini terasa sejuk. Selain itu, jika pengunjung suka berkemah. Pengelola tempat ini menyediakan lokasi khusus untuk berkemah, lokasinya tidak jauh dari air terjun.

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim hujan, karena debit airnya sedang melimpah dan bisa menikmati keindahan aliran deras dari air terjun ini.

Objek wisata Grojogan Watu Purba menjadi pilihan wisata murah, karena pengunjung tidak dikenakan biaya retribusi. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja, untuk motor mulai dari Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Adapun jam buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB atau menyesuaikan dengan kebijakan pengelola terkait pandemi dan cuaca.

BNPB dan BPBD DIY Gencarkan Kampanye Pemakaian Masker

Previous article

Isoman? Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Next article

You may also like

1 Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info