News

Dishub Sudah Siapkan Jalur Alternatif di Sleman

0
Jalur alternatif di Sleman
rambu jalur alternatif

STARJOGJA.COM, Info – Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman memprediksi libur Lebaran tahun ini akan jauh lebih ramai dibandingkan dengan tahun sebelumnya lantaran sudah tidak ada pembatasan bagi pemudik. Jalur alternatif di Sleman sudah disiapkan. 28 April diperkirakan menjadi puncak arus mudik.

Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Dishub Sleman, Marjana, menjelaskan jawatannya akan mendirikan posko penjagaan di lapangan Denggung, Kapanewon Sleman dan menjaga arus mudik maupun arus balik mulai 25 April hingga 10 Mei.

“Keran mudik dibuka seluas-luasnya, sehingga diprediksi bisa membludak. Utamanya di ruas jalan utama, di Tempel, Sleman sampai Jogja, itu utara. Arah timur dari Prambanan, dari barat dari Wates hingga Kogja,” ujarnya, Senin (11/4/2022).

Baca juga : PPKM Darurat, Lampu Penerangan Jalan Padam Lebih Awal di Sleman

Dishub Sleman sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif sebagai pengalihan arus. Dari arah utara, jalur alternatifnya Tempel-Pakem-Cangkringan-Kalasan-Prambanan. Dari arah barat alternatifnya Godean-Tempel-Mlati. “Lalu dari Prambanan bisa ke jalan Piyungan, tidak lagi ke Adisutjipto. Itu untuk memecah arus,” kata dia.

Puncak arus mudik diprediksi jatuh pada 28 April, karena pada 29 April sudah mulai cuti bersama dan libur lebaran hingga 8 Mei. Setelah memasuki cuti dan libur, kepadatan arus diprediksi akan beralih ke jalur-jalur wisata, terutama Kaliurang dan Breksi. “Kami juga antisipasi Kaliurang dan Breksi,” ungkapnya.

Dishub Sleman sudah berkoordinasi dengan Pemda DIY dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman untuk memantau jalan yang rusak dan kurang penerangan.

Dari hasil koordinasi tersebut, perbaikan jalan-jalan berlubang akan selesai sebelum 25 April. “Tapi hanya pemeliharaan. DPUPKP sudah siap kalau ada lubang atau yang agak rusak tapi tidak terlalu berat,” katanya.

Kepala DPUPKP Sleman, Taufiq Wahyudi, menuturkan saat ini tidak ada perbaikan besar yang dilakukan di ruas-ruas jalan di Sleman, tetapi hanya pemeliharaan rutin. “Lokasinya menyebar,” ungkapnya.

Sumber : Harian Jogja

Trans Jogja Diusulkan Gratis Bagi Pelajar

Previous article

Layanan Penukaran Uang di Yogyakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News