News

Teknologi Pemusnahan Menjadi Alternatif Pengelolaan Sampah di TPA Piyungan

0
tender TPA Piyungan
TPA Regional Piyungan (JIBI)
STARJOGJA.COM, Info – Pemda DIY dan Pemerintah Pusat sedang menyiapkan proses kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) untuk pengelolaan TPA Regional Piyungan. Teknologi pemusnahan menjadi salah satu alternatif pengelolaan sampah TPA Regional Piyungan pada lahan baru nantinya. Proses ini diperkirakan akan selesai pada 2024 mendatang.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menegaskan dalam berbagai kesempatan Pemda DIY selalu menanyakan perkembangan KPBU pengelolaan TPA Regional Piyungan. Hanya saja proses KPBU di Bappenas dan Kementerian Keuangan ini harus berjalan sesuai tahapan di peraturan perundangan.

Meski begitu, dia memastikan proses itu bakal selesai pada 2024 mendatang, sehingga awal 2025 pengelolaan sampah di TPA Regional Piyungan akan menggunakan teknologi.

Baca juga : Limbah pabrik dan TPA Piyungan cemari Sungai Opak

“Kami selalu menanyakan itu, mendesak dalam arti kami hanya bisa menanyakan bagaimana perkembangannya karena proses KPBU itu sepenuhnya berjalan di Pemerintah Pusat,” katanya, Rabu (11/5/2022).

Kepala Balai Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup DIY Jito menyatakan salah satu teknologi yang bisa dipakai oleh investor nantinya adalah pemusnahan. Hanya saja proses KPBU masih berjalan sehingga belum ada kepastian detail soal jenis teknologi yang dipakai.

“Kalau yang KPBU itu nanti prosesnya memang proses pemusnahan sampah. Teknologinya belum karena posisi sekarang baru ke final business case dilakukan Kementerian Keuangan dan Bappenas. Rencananya memang pemusnahan, tidak daur ulang,”‘ ujarnya

Sumber : Harian Jogja

Bayu

Warga Sekitar TPA Regional Piyungan Akhirnya Buka Blokade 

Previous article

YouTube Akan Dilengkapi Transkrip dan Terjemahan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News