Kab GunungkidulNews

Ini Tips Hilangkan Gatal Jika Kena Ubur-ubur

0
gatal ubur-ubur

STARJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Gatal kena ubur-ubur? Ini dia tipsnya. Ubur-ubur sudah mulai terlihat di kawasan pantai Gunungkidul sejak Sabtu (9/7/2022). Hingga kini, tercatat sudah 14 wisatawan menjadi korban hewan yang biasa disebut impes itu.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Marjono mengatakan obat-obatan untuk penanganan korban sengatan ubur-ubur saat ini masih tersedia, meski memang jumlahnya tidak banyak.

Selain itu, juga ada tabung oksigen untuk membantu pernafasan karena efeknya bisa mengalami sesak nafas bagi korban yang kondisinya tidak fit. “Kami mengimbau agar tidak menyentuh hewan ini karena bisa berhaya, khususnya bagi anak-anak,” katanya, Minggu (10/7/2022).

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Surisdiyanto mengatakan serangan ubur-ubur acap terjadi pada Mei hingga akhir Agustus. Hal ini disebabkan adanya perubahan suhu di laut sehingga kawanan ubur-ubur ini mencari tempat yang lebih hangat dengan cara migrasi.

Meski demikian, sambung Suris, prosesnya tidak berjalan dengan lancar karena tertiup angin sehingga menepi. “Kalau di tengah tidak masalah, tapi kalau di pinggir bisa berbahaya. Sebab, orang yang menyentuhnya bisa tersengat bisa menyebabkan kepanasan, gatal-gatal hingga sesak nafas,” katanya.

Meski begitu, pengunjung yang tidak sengaja menyentuh atau bersenggolan saat bermain di pantai, dia meminta untuk tidak panik. Langkah pertama bisa dilakukan dengan membasuh di area tersengat menggunakan air laut maupun air tawar. Apabila ada keluhan sakit, diminta segera menghubung petugas SAR di posko terdekat guna mendapatkan pertolongan pertama.

“Untuk mengurangi risiko gatal karena kena ubur-ubur, bisa segera ganti baju setelah terkena sengatan. Dengan menjaga kondisi tubuh tetap hangat, maka rasa sakit dari sengatan bisa dikurangi,” katanya.

SUMBER : Harian Jogja

Kunto Aji selami kenangan lewat “Salam Pada Rindu”

Previous article

BI DIY Resmikan 7 Pasar dan 1 Mall Siap QRIS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *