Flash Info

Presiden Minta Menkes Konsultasi dengan WHO Soal Covid-19

0
WHO
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden
STARJOGJA.COM, Info – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo untuk berkoordinasi dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Hal ini untuk konsultasi soal status pandemi Covid-19.

“Presiden minta saya untuk konsultasi dengan Dirjen WHO. (Presiden juga) bilang kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari prokes (protokol kesehatan,red.) bisa dilakukan,” kata Budi kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/10/2022).

Berkenaan dengan status pandemi, Menkes mengingatkan bahwa hal tersebut tetap ada di tangan WHO yang berwenang untuk menyatakan kapan bisa dicabut secara resmi.

Baca Juga : Alasan WHO Sebut Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

 “Khusus mengenai pandemi karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan,” katanya.

“Pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern. Itu nanti biasanya kapan dicabut dia akan diresmikan,” Budi menambahkan.

Menkes sempat menjawab pertanyaan wartawan mengenai rencana pengumuman masyarakat tak lagi diwajibkan menggunakan masker bergantung pada keputusan Presiden.

Sebelumnya, Senin (3/10/2022) pagi, Presiden Jokowi sempat mengatakan terdapat kemungkinan dalam waktu dekat Pemerintah Indonesia bakal menyatakan pandemi Covid-19 berakhir.

“Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi kita akan nyatakan pandemi sudah berakhir,” ujar Presiden saat menghadiri Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta.

Sejumlah negara di dunia telah menempuh langkah pencabutan berbagai pengetatan protokol kesehatan yang secara tidak langsung menandai beralihnya status pandemi Covid-19 menjadi endemi di wilayah mereka.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bahkan sempat menyatakan bahwa “pandemi telah berakhir” dalam sebuah sesi wawancara Program 60 Minutes pada 18 September 2022. Di Indonesia, berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada Minggu (2/10/2022) terdapat pertambahan 1.322 kasus positif Covid-19 dan secara nasional kasus aktif 17.434

 

 

Sumber : Bisnis

Bayu

Konser Westlife Gagal, Rajawali SIap Ganti Tiket 100 Persen

Previous article

Tiga Orang Dilaporkan dalam Kasus Penyekapan Wali Murid SMAN 1 Wates

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info