News

Musim Hujan, Laporan Ular Masuk Rumah di Jogja Naik

0
ular masuk ke rumah
ilustrasi ular (ist)

STARJOGJA.COM, Info –  Musim hujan di Jogja  Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta menerima laporan ular masuk ke rumah warga meningkat. Kepala Seksi Operasional Pengendalian dan Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Mahargyo mengatakan pihaknya telah mengevakuasi enam ekor ular yang masuk rumah warga sepanjang awal Oktober.

“Pada musim hujan, kasus ular masuk ke permukiman atau rumah warga berpotensi meningkat. Warga bisa langsung menghubungi kami untuk proses evakuasi ular,” katanya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, meningkatnya potensi ular masuk rumah saat musim hujan disebabkan habitat ular yang biasanya di gorong-gorong tergenang air hujan sehingga ular memilih tempat yang lebih kering dan aman, yaitu masuk ke rumah warga.

Baca juga : Ini Cara Cegah Ular Masuk Rumah

Hingga saat ini, ular yang sudah dievakuasi oleh petugas seluruhnya tidak berbisa. Sebagian besar berasal dari jenis sanca, ada juga ular tikus dan piton.

Pada 2 Oktober, petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mengamankan ular piton sepanjang dua meter dari rumah warga di Sagan. Ular tersebut masuk ke rumah usai hujan deras.

Pada 5-6 Oktober, petugas melakukan evakuasi tiga ular yang masuk ke rumah warga bahkan seekor ular piton masuk ke bodi sepeda motor dan melilit rangka motor.

Dan pada Selasa (11/10), petugas kembali mendapat panggilan dari warga untuk mengevakuasi ular cicak yang masuk ke rumah warga di Umbulharjo. Ular tersebut berukuran kecil dan kerap memangsa cicak.

“Meskipun banyak ular yang dievakuasi termasuk jenis ular tidak berbisa, tetapi memang membuat masyarakat takut. Jika tidak memiliki kemampuan menangkap ular atau tidak yakin dengan jenis ular yang ditemui, maka sebaiknya menghubungi petugas,” katanya.

Mahargyo mengatakan, personel yang diturunkan untuk mengevakuasi ular atau binatang lain telah menjalani pelatihan dan memiliki kemampuan serta dibekali peralatan yang cukup.

Ular yang dievakuasi kemudian diamankan atau diberikan kepada pecinta reptil untuk dipelihara.

Meskipun demikian, Mahargyo berharap, masyarakat dapat mengawasi pergerakan ular sembari menunggu petugas datang ke rumah sehingga penanganan atau evakuasi bisa dilakukan lebih cepat.

“Kalau tidak diawasi, bisa saja ular tersebut bersembunyi di tempat lain dan sulit ditemukan. Tentu ini akan memakan waktu lebih lama,” katanya.

Ia pun berbagi kiat agar ular tidak masuk ke rumah, yaitu memberikan pewangi atau menyemprotkan pewangi ruangan serta menjaga rumah agar tidak lembab dan selalu bersih.

“Banyak orang yang percaya jika menabur garam di sekeliling rumah akan mencegah ular tidak masuk. Tetapi itu tidak efektif. Lebih baik menyemprotkan pewangi ruangan karena ular sensitif dengan wewangian,” katanya.

Sumber : Antara

Korban Tragedi Kanjuruhan Bertambah 1, Total 132 Orang

Previous article

Yuk Cek! Ini Jadwal Pemadaman Listrik Wilayah Yogyakarta Tanggal 12 Oktober 2022

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News