Kota JogjaNews

Ini Cara Cegah Ular Masuk Rumah

0
ular kobra di Kloset
ILUSTRASI FOTO : ular-kobra- foto newsweek

STARJOGJA.COM. JOGJA – Masuknya musim penghujan di Indonesia bisa membuat aneka jenis ular, termasuk ular Python masuk ke dalam area pemukiman warga. Hal ini karena musim hujan merupakan musim menetasnya hewan reptil.

“Anak ular yang menetas kemudian cari tempat perlindungan karena masih kecil bisa jadi mangsa hewan lainnya, biasanya dipohon. Tapi kalo gak ada ya biasanya di rumah-rumah warga,” tutur Donan Satria Yudha, Dosen Sistematika Hewan Fakultas Biologi UGM. Selasa,15/01/2019.

Ia menyebut Biasanya hutan-hutan atau semak-semak, lubang didalam tanah ataupun lubang bekas sarang mangsa menjadi tempat alami sarang ular. Bila tempat tersebut sudah menjadi hunian atau lahan oleh manusia, biasanya ular akan mencari tumpukan-tumpukan kayu, bambu, batu-bata untuk menjadi huniannya.

“Bekas jejak ular seperti sisa pergantian kulit ada di sekitaran daerah rumah itu dijadikan tempat mencari makannya atau tempat bersarang,” jelasnya.

Mayarakat perlu mewaspadai apabila rumah-rumahnya sudah menjadi tempat bersarangnya ular. Diharapkan masyarakat untuk selalu membersihkan rumah setiap pagi-siang dan sore.

“ Kalau di area hutan agak susah untuk cegah ular masuk, jadi memang yang bisa dilakukan bersihkan area rumah dari tumpukan-tumpukan bambu, kayu ataupun batu. Terutama di pojok-pojokan rumah,”tambahnya.

Donan mengatakan bahwa untuk pencegahan ular masuk ke dalam pemukiman, bisa membuat sekitar rumah menjadi bau aroma minyak tanah ataupun kapur barus. Hal ini menurutnya lebih efisien dibandingkan dengan menabur garam di sekitar rumah.

“ Ular menggunakan lidahnya untuk mengendus mangsanya dengan menggunakan lidah, jadi kalau mencium aroma menyengat seperti minyak tanah atau kapurbarus bisa membuatnya pusing, tentu ular akan menhindarinya,” ucapnya.

Donan juga mengatakan penaburan garam di sekitar rumah merupakan tindakan yang kurang efektif. Dikarenakan ular dapat melewati sekitaran rumah yang tidak ditaburi garam, sehingga dibutuhkan garam yang cukup banyak apabila menggunakan cara ini untuk pencegahan ular masuk ke dalam rumah.

“ Kalau garamnya sedikit tentu ularnya bisa menghindarinya ya,”ujarnya.

Sambut Imlek, SCH Punya SLeman Chinese New Year

Previous article

Kapolda DIY Minta Semua Pihak Menahan Diri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja