JogjaKU

Geblek Kulonprogo Pecahkan Rekor Dunia

0
Geblek Kulonprogo
Geblek Kulonprogo meraih rekor MUri (harian Jogja)
STARJOGJA.COM, Info – Geblek Kulonprogo mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) di Alun-alun Wates Kulonprogo. Makanan khas Kulonprogo ini dengan geblek sepanjang 710 meter dihidangkan mengitari Alun-alun Wates menjadi  geblek terpanjang di dunia.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Joko Mursito menjelaskan pencatatan rekor Muri untuk sajian geblek terpanjang ini merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian acara Menoreh Tourism Festival dengan tajuk Menoleh ke Menoreh.

Sementara pembuatan geblek terpanjang tersebut melibatkan puluhan perajin geblek di Kulonprogo. “Pemecahan rekor Muri untuk geblek terpanjang di Indonesia dan di dunia panjangnya 710 meter. Karena kami sedang berulang tahun ke-71 dan dikerjakan oleh 71 perajin geblek di Kulonprogo,” ucap dia, Sabtu (22/10/2022).

Baca juga : Geblek Pari Khas Kulon Progo Siap Buat Sensasi Baru

Masuknya geblek ke dalam rekor Muri, kata Joko, bisa menjadi wadah promosi geblek yang menjadi makanan khas Kulonprogo. “Geblek memang sudah menjadi identitas lokal Kulonprogo dan sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda,” ujarnya.

Joko meyakini dengan deklarasi pemecahan rekor sajian geblek terpanjang ini, geblek bakal makin dikenal masyarakat luas dan mendorong para pengrajin untuk terus berinovasi membuat varian baru dari geblek. “Ke depan geblek ini akan timbul varian-varian baru,” jelasnya.

Setelah disahkan, geblek ratusan meter lantas bisa dinikmati para pengunjung secara gratis. Sambil menikmati sajian geblek, para pengunjung dapat menikmati parade atraksi wisata budaya nusantara yang diikuti 22 kontingen kelompok seni budaya dari 22 daerah di Indonesia, seperti Ponorogo, Wonogiri, Lamongan dan sebagainya.

Parade ini dibuka dengan pertunjukan drumben Taruna AAU. “Hari ini tema kegiatannya Menoleh ke Menoreh, yang ada di dalamnya adalah Menoreh Tourism FestivalMenoreh Tourism Festival ini adalah satu kegiatan yang memang kami gadang-gadang menjadi media publikasi, media promosi yang efektif bagi Kulonprogo dan DIY,” tandasnya.

Ketua Muri perwakilan Jawa Tengah, Sri Widayati menuturkan torehan sajian geblek terpanjang ini bisa jadi tidak hanya membubuhkan rekor di Indonesia namun bisa jadi menembus rekor dunia.

Pasalnya kuliner geblek ini hanya ada di Kulomprogo dan belum ada di negara lain.

“Iya geblek ini masuk kategori rekor dunia karena memang ini makanan khas dari Kabupaten Kulonprogo yang di negara lain mungkin tidak ada,” ungkapnya.

“Hari ini kami hadir ke kabupaten Kulonprogo untuk mencatat satu karya spektakuler yaitu pembuatan geblek terpanjang, sepanjang 710 meter yang disajikan oleh 71 perajin geblek di Kulonprogo. Kegiatan ini resmi kami catat di Muri sebagai rekor ke-10.622 dan kami anugerahkan piagam penghargaannya ke Kabupaten Kulonprogo melalui Dinas Pariwisata.”

Sumber :  Harian Jogja

Bayu

Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak di Jogja

Previous article

Pemadaman Jaringan Listrik Yogyakarta, 24 Oktober 2022

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU