News

Lakum Capresukum, Walana Capresuna Cara Wapres Redam Tensi Politik

0
pahlawan nasional
wapres (ist)
STARJOGJA.COM, Info – Mendekati Pilpres 2024 Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memiliki cara sendiri agar tensi politik tidak tinggi di tengah masyarakat. Menurut Wapres masyarakat harus pandai dalam perbedaan pilihan politik dengan santai dengan prinsip lakum Capresukum, walana Capresuna.
“Kalau berbeda Capres, lakum Capresukum, walana Capresuna [untukmu capresmu, untukku capresku),” canda Ma’ruf dikutip melalui Youtube Sekretariat Wakil Presiden, dikutip Selasa (25/10/2022).
Menurutnya, memanasnya suhu politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akhir-akhir ini kian terasa di Tanah Air. Terlebih, setelah beberapa partai politik secara resmi mendeklarasikan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada Pemilu mendatang.
Hal tersebut tentu mengundang perdebatan tidak hanya di kalangan para elite partai, tetapi juga masyarakat yang mulai menentukan pilihannya masing-masing.
Lebih lanjut Ma’ruf menyampaikan, selain perbedaan dalam pemilihan capres-cawapres, perbedaan juga kerap terjadi pada pemilihan partai serta dengan visi misinya masing-masing. Untuk itu, hal ini juga perlu disikapi dengan baik.
“Saya sering mengatakan kalau kita berbeda partai kita katakan lakum partaiukum, walana partaiuna [untukmu partaimu, untukku partaiku], ya sudah masing-masing partai saja,” ujarnya diikuti tawa tamu undangan yang hadir.
Pada kesempatan yang sama, Ma’ruf juga memaparkan bahwa bangsa Indonesia sejauh ini telah melewati banyak kontestasi politik, sehingga perbedaan yang terjadi menjelang Pemilu merupakan hal yang wajar. Ia menilai, yang paling penting adalah bagaimana menghadapi perbedaan pilihan politik secara damai.
“Oleh karena itu, kita tidak boleh kemudian karena perbedaan menyebabkan perpecahan,” pungkas Ma’ruf.

Sumber : Bisnis

Bayu

Pemadaman Listrik Yogyakarta, 25 Oktober 2022

Previous article

Tips Hadapi Resesi Sejak Dini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News