News

Hujan Terpa Sebagian Indonesia, Yogyakarta Salah Satunya

0
cuaca malam tahun baru
Prakiraan Cuaca Hari Ini (Foto: BMKG)

STARJOGJA.COM – Menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah provinsi di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat  disertai petir dan angin kencang.

Situs BMKG mengatakan, terdapat potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga : Tiket Nataru 2022/2023 Bisa Dibeli Mulai 7 November 

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali.

BMKG mengemukakan, sirkulasi siklonik terpantau di Laut Natuna dan di Samudra Pasifik utara Halmahera. Hal ini membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Natuna hingga perairan timur Riau. Berlanjut dari Jambi hingga Selat Karimata bagian utara, dan di Samudra Pasifik timur Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik, di sepanjang daerah konvergensi tersebut terang BMKG.

Daerah Istimewa Yogyakarta

Khusus untuk wilayah Yogyakarta, BMKG memprakirakan akan hujan pada siang hari. Beberapa daerah juga akan mengalami hujan petir pada siang hari seperti Sleman dan Kota Yogyakarta.

Situasi ini akan terus berlanjut hingga malam hari. BMKG juga memberi peringatan terhadap warga Yogyakarta untuk waspada akan potensi hujan lebat dengan angin kencang dan petir di Kota Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo bagian Utara dan Bantul bagian utara.  (Maylin Angelica)

Sumber : Antara

Kebhinekaan Indonesia Menjadi Tugas Semua Umat Manusia

Previous article

RM BTS RIlis Album Solo Terbarunya 2 Desember

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News