News

UNY, Sabet Juara Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia

0
UNY Sabet Juara
Proses Perakitan Gedung dalam Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (Foto : Humas UNY)

STARJOGJA.COM – UNY meraih juara pertama dan juara kategori kreativitas dalam Rancang Bangun pada Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia ke-13.

Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia adalah kompetisi paralel yang melombakan desain dan bangunan gedung. Terselenggara oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Tahun ini, mengambil tema Bangunan Gedung Tahan Gempa Berinovasi Material untuk Pengembangan Metropolitan Menyongsong Era Pasca Pandemi.

Tim Wisanggeni-19 UNY, mengikuti kategori beton pracetak. Kemudian berhasil menjadi salah satu tim finalis yang menyingkirkan 84 tim dari perguruan tinggi seluruh Indonesia pada Kategori Bangunan Gedung Pracetak.

Suryatama Ageng Pamuji, Anggota tim melakukan persiapan dan fabrikasi selama 4 bulan, mulai dari bulan Juli – November 2022.

“Kami menggunakan material ramah lingkungan dengan pemanfaatan limbah abu terbang pembakaran PLTU yang digunakan sebagai bahan pengganti semen dalam pembuatan beton dan melakukan inovasi metode dengan self compacting concrete untuk mempercepat proses konstruksi,” katanya, Rabu (30/11).

Baca Juga : 63% Wisudawan Politeknik ATK Yogyakarta Telah Bekerja

Setelah melewati beberapa tahapan, Hasil akhir pengujian bobot bangunan gedung Tim Wisanggeni-19 adalah sebesar 19,40 kg dan berhasil berdiri kokoh pada pengujian gempa hingga frekuensi 5,5 Hz.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian pelaksanaan kompetisi, Tim Wisanggeni-19 Universitas Negeri Yogyakarta berhasil mendapatkan Juara Kategori Khusus Kreativitas dalam Rancang Bangun.

Selain itu, mereka menjadi juara 1 Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia Kategori Beton Pracetak. Adapun peringkat kedua diraih oleh Politeknik Negeri Pontianak dan peringkat ketiga diraih oleh Universitas Muhammadiyah Malang.

Dosen pembimbing tim Slamet Widodo merasa gembira dengan capaian ini dan berharap agar prestasinya dapat meningkat pada masa yang akan datang. (Maylin Angelica)

Sumber : Humas UNY

 

 

Hujan Petir, Prediksi Cuaca BMKG Yogyakarta Hari Ini

Previous article

Wasit Perempuan Prancis Buat Sejarah dalam Piala Dunia 2022

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News