JogjaKU

Truk Penambang Pasir  Merapi Terjebak Lahar Hujan

0
Truk penambang pasir
Truk penambang pasir (ist bpbd sleman)

STARJOGJA.COM, Info – Truk penambang pasir di Kali Bebeng terjebak lahar hujan usai hujan deras  di sekitar Gunung Merapi Kamis (15/12/2022) sore. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, mengatakan hingga Jumat (16/12/2022) pagi masih dilakukan proses evakuasi.

 “Satu armada R6 truk merah dalam proses evakuasi pagi ini,” ujarnya.

Lahar hujan diketahui terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Total ada sebanyak dua truk dan satu motor yang terjebak lahar hujan di kali Bebeng, Cangkringan. Satu truk dan sebuah motor berhasil dievakuasi pada Kamis (15/12/2022) sore.

Baca juga: Musim Hujan Penambang Pasir Tetap Berjalan

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro, mengatakan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa karena sopir sempat menyelamatkan diri. “Kalau dari videonya satu meteran lah, satu ban [banjir lahar]. Sempat kintir tidak bisa dikendalikan,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya penambang di sekitar Merapi agar selalu waspada karena Sleman akan memasuki puncak musim hujan.

 “Puncak curah hujan masih Januari-Februari. Penambang tetap hati-hati, jangan ngeyel. Di bawah nggak hujan, di puncak hujan, menimbulkan seperti ini,” ungkapnya.

 

Sumber : Harian Jogja
Bayu

Pemerintah Pastikan Penyebaran Informasi Berkualitas Merata

Previous article

Menteri Ralat 26 Desember 2022 Cuti Bersama

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU