News

PPKM Dicabut, Menkes Mengimbau Masyarakat Tetap Memakai Masker

0
memakai masker
memakai masker menjadi kebiasaan baru
STARJOGJA.COM, Info — Pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di akhir tahun 2022. Namun begitu Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat tetap memakai masker.

Dia mengatakan bahwa penggunaan masker masih menjadi bagian dari protokol kesehatan (prokes) mengingat pandemi Covid-19 belum diumumkan usai.

“Jadi begini, balik lagi pemakaian masker kami anjurkan untuk di ruangan tertutup dan sempit, di kerumunan, sebaiknya dipakai,” katanya di kompleks Istana Negara, Selasa (2/1/2023).

Baca Juga : Beberapa Negara ini Membolehkan Warganya Tidak Memakai Masker

Meski begitu, dia menegaskan bahwa pemakaian masker saat ini merupakan imbauan sehingga keputusan akan dikembalikan ke masyarakat, apabila masyarakat merasa sehat maka penggunaan di udara terbuka disebutnya tidak diperlukan.

“Ya tidak usah [pakai] kalau ruang terbuka. Karena memang itu strategi dari pandemi ke endemi adalah intervensi dari Pemerintah [pemakaian masker] dikurangi tetapi ada partisipasi masyarakat ditingkatkan. Maksudnya, kesadaran masyarakat untuk mengukur sendiri di mana dia perlu, itu perlu kita pakai,” ujarnya.

Budi mengatakan bahwa diharapkan ke depan pandemi Covid-19 dapat direspon seperti biasa mengingat antibodi masyarakat yang terus terbentuk. Oleh sebab itu, menuju masa endemi diharapkan masyarakat tetap bijak akan prokes.

“Sama kayak flu, kita tidak perlu ajari harus pakai payung kalau ujan, atau minum panadol dulu. Diharapkan masyarakat sudah tahu sendiri. Nah, kami melihat level itu mesti kita latih pelan-pelan menuju ke endemi,” katanya.

Di sisi lain, dia juga merespon dengan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak mengenakan masker saat meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada hari ini Selasa (2/1/2023) pagi. Menurutnya, aksu tersebut merupakan cara dari Kepala Negara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa saat merasa sehat dan berada di ruang terbuka, maka diperbolehkan melepas masker.

“Kembali lagi itu Bapak Presiden itu menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat itu penting. Dia mungkin merasa dia sehat. Saya tidak tahu tadi saya tidak ikutin pasarnya apakah terbuka atau tertutup. Kalau itu terbuka beliau merasa aman ya aman saja. Namun, memang saya sih kalau di kerumunan, ruang tertutup kalau ada orang batuk itu kan ya saya anjurkan pakai,” pungkas Budi.

 

Sumber :  Bisnis
Bayu

Awali Tahun, Sleman Serahkan SPPT PBB-P2 tahun 2023

Previous article

Ada IU dan Jung-kook BTS, Ini Dia 200 Penyanyi Terbaik Versi Rolling Stone

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News