LifestyleTechno

Mada 9, Mobil Sport Buatan Taliban

0
mobil sport Mada 9
mobil sport Mada 9 (Taliban memamerkan Mada 9 sebagai mobil sport pertama buatan Afghanistan / Youtube Entop.)

STARJOGJA.COM, Info  —  Taliban penguasa  pemerintahan Afghanistan mengumumkan teknologi mereka kepada dunia dengan mobil sport  bernama Mada 9.

Dikutip businessinsider.com, Minggu (22/1/2023), mobil sport ini dibangun selama 5 tahun oleh sebuah perusahaan bernama Entop dengan tim yang terdiri dari 30 insinyur dan perancang dari Institut Kejuruan Teknis Afghanistan (ATVI).

Desainer Mada 9, Mohammad Riza Ahmadi, mengatakan kepada media lokal Afghanistan, Tolo news jika berharap mobil tersebut akan menjadi mercusuar bagi negara tersebut.

Baca juga : Mobil Terbang Listrik, Siapa Berminat?

“Mobil ini akan menjadi duta dan akan melaju melintasi Afghanistan serta menyampaikan nilai ilmu kepada masyarakat,” kata Ahmadi dikutip businessinsider.com, Minggu (22/1/2023.)

Menurut Ahmadi mobil ini sudah mendapatkan penawaran untuk dilego beberapa orang. Namun, Mada 9 untuk saat ini masih dalam tahap prototipe dan belum ada rencana untuk dijual.

Secara tampilan Mada 9 terlihat seperti mobil-mobil sport ala Lamborghini dengan lekukan aerodinamis pada tubuh mobil. Adapun, disematkannya lampu LED futuristic yang tipis depan belakang agar lebih terkesan sangar.

Meski Entop tidak menjelaskan spesifikasinya secara detail, tapi dikabarkan Mada 9 memiliki mesin berbasis Toyota Corolla Cross 1,8 liter DOHC 16-Valve VVT-i yang dapat menghasilkan 166 hingga 187 hp.

Media lokal Afghanistan juga menyebutkan bahwa mesin internal combustion engine (ICE) tersebut dapat diganti dengan powertrain listrik nantinya setelah persiapan untuk produksi selesai. Adapun, Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid sempat mengunggah video Mada 9 yang sedang dipacu melakukan akselerasi memutar di atas salju.

“Mobil buatan Afghanistan,” tulisnya dalam unggahan Twitter, Senin (16/1/2023).

Sumber : Bisnis

Bayu

OPINI : Perppu Cipta Kerja Harus Dipahami Semua Pihak

Previous article

Star Lovers, Ada Jadwal Pemadaman Listrik Di Yogyakarta, Senin, 23 Januari 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle