NewsNusantara

KISP Dorong Optimalisasi Pengembangan Desa APU di Indonesia

0
kisp

STARJOGJA.COM, JAKARTA – KISP Dorong Optimalisasi Pengembangan Desa APU di Indonesia. Dukungan ini disampaikan oleh Komite Independen Sadar Pemilu (KISP) saat melakukan kunjungan audiensi ke Kantor Bawaslu Republik Indonesia pada Kamis (02/02/2023).

Kunjungan ini sekaligus dalam rangka pengambilan data penelitian KISP tentang Evaluasi Pengembangan Desa Anti Politik Uang (APU) di Indonesia, yang merupakan projek penelitian kolaborasi bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kedatangan KISP disambut langsung oleh Komisioner Bawaslu RI, Lolly Suhenty beserta Tenaga Ahli, Staff, dan jajaran Sekretariat Bawaslu RI. Lolly menyambut baik kedatangan KISP sekaligus mengapresiasi langkah KISP yang turut serta membantu pengembangan keberlanjutan desa APU di Indonesia.

Di periode lalu, kita (bawaslu) telah menancapkan upaya ruang partisipasi melalui desa pengawasan dan desa anti politik uang, yang kini sudah ada sebanyak 928 desa. Tentu langkah KISP kita sambut baik sebagai masukan untuk pengembangan ke depan,” ucap Lolly.

Lolly juga menambahkan, saat ini Bawaslu tengah melakukan evaluasi sekaligus rencana pengembangan Desa APU di Indonesia. Target dari evaluasi ini adalah sebagai dasar perluasan penyebaran program Desa APU di setiap Kabupaten dan Kota sekaligus penguatan gerakan dari masyarakat.

Koordinator Umum KISP, Moch Edward Trias Pahlevi juga menyampaikan bahwa KISP siap untuk terlibat dan berkolaborasi ke depan dalam pengembangan Desa APU.

Hasil dari penelitian ini akan kita kembangkan luarannya menjadi rekomendasi-rekomendasi, untuk masukan bagi pengembangan desa APU ke depan. Dan KISP sebagai LSM yang turut serta dalam jalannya desa APU khususnya di Jogja, siap untuk terlibat ke depan dalam perumusan kebijakan,” Tambah Edward

Pertemuan kemudian ditutup dengan penyerahan Policy Brief tentang “Digital Leadership dalam Pelayanan Pendidikan Pemilih” yang merupakan hasil luaran penelitian KISP sebelumnya yang dilakukan kepada KPU dan Bawaslu di lima Provinsi di Indonesia.

Komite Independen Sadar Pemilu (KISP) telah lolos verifikasi berkas administrasi dan resmi terakreditasi sebagai Pemantau resmi Pemilu Serentak 2024. Akreditasi tersebut tertuang dalam Sertifikat Nomor: 33/PM.05/K1/11/2022 yang diterbitkan oleh Bawaslu Republik
Indonesia.

Di Pemilu 2024 ini, KISP akan berfokus pada pemantauan

  1. pemutakhiran daftar pemilih
  2. kampanye
  3. pemungutan suara
  4. rekapitulasi.

KISP juga akan fokus pada isu pemantauan yang meliputi

  1. advokasi difabel;
  2. pendidikan pemilih;
  3. politik uang
  4. pemantauan media sosial dan bigdata           

Baca juga : Anak Muda Diajak Ikut Awasi Pemilu

Karnaval PBTY Tampilkan Kolaborasi Budaya

Previous article

Serabi Kocor Pas disantap di Sore Hari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News