Lifestyle

8 Cara Mengatur Keuangan 

0
cara mengatur keuangan
STARJOGJA.COM, Info –  Masalah keuangan sering menjadi halangan untuk sukses. Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:
1. Mulai berinvestasi
Cara mengatur keuangan pribadi yang pertama dengan memulai investasi. Untuk mempersiapkan masa depan yang cerah, mengambil Langkah untuk berinvestasi adalah sebuah keputusan yang tepat.
Terdapat banyak instrumen investasi yang bisa kamu lakukan, diantaranya saham, emas, obligasi, reksadana dan yang lain-lain.
Sebagai awalan kamu bisa pilih instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah.

2. Sediakan dana darurat
Besarnya dana darurat setiap individu pasti berbeda, tetapi umumnya adalah 10 kali dari penghasilan setiap bulan yang kita terima. Pisahkan rekening dana darurat dengan rekening kebutuhan sehari-hari agar dana darurat tersebut tidak terpakai.


3. Lunasi hutang dan cicilan Bagi yang memiliki hutang atau cicilan setiap bulannya, seperti cicilan KPR dan kartu kredit, lunasi dengan tepat waktu. Hal tersebut dilakukan agar kamu tidak dikenakan bunga yang terlalu tinggi dan untuk menjaga skor kredit kamu berada di status baik.
Jika kamu memiliki cicilan kartu kredit, usahakan selalu bayar dengan pembayaran penuh bukan dengan jumlah minimum pembayaran.

4. Hindari hutang konsumtif
Utang konsumtif merupakan pinjaman untuk membeli barang yang nilainya terus menurun di masa depan dan tidak menghasilkan keuntungan. Misalnya, kamu berhutang untuk membeli, baju, tas atau demi gaya hidup yang mewah.

5. Lacak pengeluaran
Lacak semua pengeluaran selama periode satu bulan untuk mengetahui kemana uang kamu keluar dan membantu melukiskan gambaran yang jelas tentang kebiasaan pengeluaran kamu.

6. Tetapkan tujuan keuangan
Luangkan waktu untuk mengidentifikasi tujuan keuangan kamu entah besar atau kecil. Lalu, pikirkan tentang bagaimana kamu akan mencapai tujuan tersebut. Rencana keuangan bisa membantu bersiap-siap untuk pengeluaran besar apapun dengan sedikit kekhawatiran.


7. Cara Mengatur
Keuangan dengan Prinsip 50-30-20 Cara menerapkannya, kamu menggunakan pendapatan setelah membayar pajak dan membaginya dalam kategori 50% untuk kebutuhan, 30 persen untuk keinginan dan 20 persen untuk tabungan.

8. Hitung pemasukan bulanan
Cara mengatur keuangan terakhir yakni dengan menghitung income. Kamu harus menghitung pemasukan yang masuk ke rekening kita setiap bulan terlebih dahulu.
Jika kamu sudah termasuk wajib pajak, berarti kurangi angka pemasukan atau pendapatan dengan jumlah pajak yang harus dibayar.
Sementara itu, jika kamu belum termasuk wajib pajak, berarti kita bisa langsung mulai menghitung pembagian persentasenya.  Itulah beberapa cara mengatur keuangan agar kamu lebih hemat.

 

 

Bayu

China Kedatangan UFO di Dekat Pangkalan Angkatan Laut

Previous article

Hari Valentine, Yuk Cek Jadwal Pemadaman Listrik DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle