JogjaKUNews

Pendaftaran Mahasiswa Baru Dimulai, Ada 91 Prodi Yang Bisa Dipilih Di UGM Loh!

0
Pendidikan 3T
Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM

STARJOGJA.COM, Pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasar Perstasi (SNBP) 2023 telah dibuka mulai 14-28 Februari 2023. Kemudian Seleksi Nasional Berdasar Tes (SNBT) akan dibuka mulai 23 Maret -14 April. Nah bagi Star Lovers yang akan mendaftar ke UGM bisa segera mempersiapkan diri memilih jurusan sesuai minat dan bakat.

Lalu jurusan yang ditawarkan UGM dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini apa saja?

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA. mengatakan pada tahun 2023 ini UGM membuka sebanyak 91 program studi (prodi) dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) baik melalui jalur SNBP, SNBT, maupun seleksi mandiri melalui ujian tulis. Ke-91 prodi tersebut meliputi 70 prodi Sarjana (S1) dan dan 21 prodi Sarjana Terapan (D4).

“Pada PMB 2023 ini UGM membuka 91 prodi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa,” tuturnya Rabu (15/2/2023).

Wening menjelaskan bahwa minat pelajar untuk mendaftar kuliah di UGM terus meningkat setiap tahunnya. Selektivitas atau persaingan memperebutkan kursi di setiap prodi yang ditawarkan pun relatif ketat.

“Meski tingkat selektivitasnya berbeda-beda, namun semua prodi yang ada selalui ramai diperebutkan calon mahasiswa.Persaingannya relatif ketat,”ungkapnya.

Alamat laman

Informasi terkait daya tampung prodi UGM secara total melalui seluruh jalur seleksi baik SNBP, SNBT, dan Ujian Tulis bisa dilihat melalui laman https://um.ugm.ac.id/program-studi-dan-daya-tampung-sarjana-dan-sarjana-terapan/.

Sedangkan informasi mengenai selektivitas prodi UGM melalui seluruh jalur seleksi dapat dilihat di https://um.ugm.ac.id/selektivitas-sarjana-dan-sarjana-terapan/.

Selain itu data tentang daya tampung dan peminat prodi UGM jalur seleksi nasional untuk SNBP dan SNBT  juga bisa dilihat melalui laman Kemdikbud yakni https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ .

Calon mahasiswa dapat mengakses laman tersebut lalu memilih menu Daftar PTN dan pilih Universitas Gadjah Mada.

Dalam laman Sidata Kemdikbud menampilkan data daya tampung dan peminat dari tahun 2018-2022. Wening menjelaskan dalam data  tersebut tercatat 21 prodi D4 UGM jumlah peminat kosong (-).

Hal itu dikarenakan prodi tersebut merupakan prodi baru  yang sebelumnya adalah D3 dan berubah menjadi D4 di tahun 2019 dan baru ikut serta dalam seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN) pada 2021.

Demikian halnya untuk prodi S1 ada tiga prodi yang tercatat jumlah peminatnya kosong dalam Sidata Kemdikbud. Pertama, Teknik Biomedis yang baru dibuka pada tahun 2020 sehingga data dalam Sidata Kemdikbud tercatat peminatnya kosong dalam data 2018-2019. Lalu prodi Ilmu Aktuaria baru dibuka pada tahun 2019 sehingga data Sidata Kemendikbud tercatat peminatnya kosong. Berikutnya, prodi Teknik Infrastruktur Lingkungan baru dibuka tahun 2022 sehingga jumlah peminat kosong dalam Sidata Kemdikbud tahun 2018-2022.

Wening mengimbau calon mahasiswa baru untuk dapat mengakses informasi terkait penerimaan mahasiswa baru melalui laman resmi agar dapat memperoleh informasi yang benar dan akurat. Berbagai informasi penerimaan mahasiswa baru bisa diakses melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dan laman UGM https://um.ugm.ac.id/, serta IG PMB UGM di @admisiugm

Sumber : Humas UGM

Baca juga : Sasmaka Dining & Cafe, Destinasi Baru Di Yogyakarta Berkonsep Al Fresco Tropical Garden  

Ingin Terhindar Dari Sakit Asam Urat? Hindari Makanan Berikut!

Previous article

BMKG : Hujan Diprakirakan Mengguyur Sejumlah Kota Besar di Indonesia Termasuk Yogyakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU