JogjaKUKab Sleman

Labuhan Merapi, Bupati Sleman Terima Uba Rampe

0
uba rampe labuhan merapi
Labuhan Merapi (ist)
STARJOGJA.COM, Info – Upacara adat labuhan Merapi dari utusan dari Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan uba rampe (perlengkapan) ke Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Saat di Pendopo Kantor Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan, Selasa Uba rampe tersebut lalu diserahkan kepada juru kunci Gunung Merapi Wedana Suraksohargo Asihono.

Labuhan Merapi merupakan tradisi yang rutin diadakan setiap tahun oleh Keraton Yogyakarta dalam rangka memperingati “tingalan jumenengan Ndalem” atau ulang tahun naik tahta Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Raja Keraton Yogyakarta.

Adapun “uba rampe” tersebut diantaranya terdiri dari Sinjang Kawung Kemplang, Semekan Gadhung, Semekan Gadhung Mlati, Kampuh Paleng, Destar Daramuluk, Destar Udaraga dan Arta Tindhih dan lainnya.

“Uba rampe” tersebut selanjutnya dibawa ke petilasan Mbah Maridjan yang berada di Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman dan akan dibawa ke Sri Manganti yang berada di gunung Merapi untuk prosesi labuhan pada Rabu (22/1) pagi.

Kustini menyambut baik pelaksanaan tradisi labuhan Gunung Merapi ini.

Menurut dia, upacara labuhan Merapi tidak hanya sekedar tradisi, namun labuhan Merapi ini juga sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang telah diberikan.

“Labuhan Merapi ini juga menunjukkan sikap gotong royong, guyub rukun, dan golong gilig di masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Sleman,” katanya.​​​​​​​

Kustini juga mengaku merasa bangga dengan antusiasme masyarakat dalam melaksanakan kegiatan ini.

“Antusiasme ini menunjukkan bahwa masih tingginya rasa handarbeni terhadap budaya dan tradisi lokal di tengah gempuran budaya asing,” katanya.

 

Bayu

Awal Tahun 2023, 6 Orang di Bantul Meninggal karena Leptospirosis

Previous article

Kankemenag Kulon Progo Raih Penghargaan Sebagai Satker Terinovatif

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU