Lifestyle

Ngabuburit Enaknya Ngapain? Ini Rekomendasinya

0
Hari Hijab Sedunia

STARJOGJA.COM, Star Lovers, ngabuburit biasa kita dengar di sepanjang bulan Ramadhan. Ngabuburit sudah lekat dengan tradisi masyarakat Indonesia ini merupakan istilah kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu sembari menunggu buka puasa tiba.

Semakin berkembangnya zaman tradisi mengaburit juga turut berkembang. Bahkan, ngabuburit menjadi tren bagi anak muda saat bulan Ramadhan.

Menunggu bedug Magrib, banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang menjelang buka puasa.

Berkebun

Anda bisa membuat taman kecil di bagian samping rumah atau belakang rumah. Pada saat sore hari kegiatan yang dilakukan bisa dengan menyiram tanaman atau dengan mencabut rumput di sekitar tanaman.

Berkebun akan membantu menghabiskan waktu dengan cepat sehingga menunggu waktu berbuka akan terasa cepat.

Membuat makanan dan minuman untuk buka puasa

Waktu ngabuburit juga bisa digunakan untuk membuat makanan dan minuman buka puasa. Ada banyak minuman segar yang bisa dibuat seperti es kopyor, es dawet, es kolak, es buah, dan lain sebagainya.

Pengajian daring

Tidak perlu keluar rumah, Anda dapat melakukan pengajian daring di dalam rumah saja melalui handphone atau laptop. Biasanya, pengajian online ini diselenggarakan via Zoom meeting atau Google meeting.

Mengikuti pengajian online juga menjadi kegiatan yang bisa menghabiskan waktu tanpa terasa. Itulah beberapa contoh ngabuburit yang bisa dilakukan selama bulan puasa sambil menunggu waktu berbuka tiba. Berbelanja

Berbelanja

Berbelanja menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menjadi ide ngabuburit yang bisa menghabiskan waktu sebelum buka puasa tiba.

Sembari ngabuburit banyak orang yang berburu takjil atau kebutuhan bulanan sekaligus mengisi hari sore sebelum buka puasa.

Membaca buku

Membaca buku juga bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk menunggu berbuka. Membaca buku ini bisa dilakukan di rumah ataupun dengan pergi ke toko buku favorit.

Star Lovers, Anda juga bisa mengajak teman untuk bersama-sama membaca buku dan mendiskusikan isi buku tersebut. Dengan demikian, waktu ngabuburit Anda menjadi lebih bermanfaat.

Olahraga

Meskipun berpuasa Anda harus menjaga tubuh agar tetap bugar. Melakukan kegiatan olahraga menjelang berbuka puasa bisa dijadikan sebagai pilihan untuk ngabuburit. Olahraga bisa dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

Lakukan olahraga ringan seperti jogging sore, jalan santai, senam, yoga, dan olahraga ringan lainnya. Jika berolahraga di luar rumah maka Anda bisa kembali ke rumah 10 menit sebelum waktu adzan tiba. Sehingga saat sampai di rumah sudah waktunya berbuka puasa.

Bersepeda juga bisa dijadikan sebagai olahraga pilihan untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Bersepeda keliling komplek menjadi pilihan jika anda tidak ingin olahraga berat.

Membaca Al-Quran

Kala menunggu waktu berbuka, membaca Al-quran atau tadarus juga bisa menambah pahala karena tadarus termasuk beribadah Tadarus Al-Quran sembari menunggu buka puasa merupakan kegiatan yang banyak ditemukan.

Selain dilakukan sebelum buka puasa, tadarus ini juga biasanya dilakukan setelah shalat tarawih.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : Kenali Gejala Depresi Dari Foto Profil Seseorang  

Cara Menghilangkan Sakit Perut Tanpa Membatalkan Puasa

Previous article

Tambah Daya Yuk, PLN Punya Diskon Khusus Terangi Ramadhan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle