Lifestyle

BB Naik Usai Lebaran? Antisipasi Dengan Tips Ini

0
Melaksanakan ibadah puasa diketahui memiliki beragam manfaat

STARJOGJA.COM, Menurunkan berat badan dan mempertahankannya agar tidak naik lagi merupakan hal yang tidak mudah. Tantangan ini yang dihadapi kala Lebaran. Penurunan berat badan yang signifikan kala bulan puasa, seakan terhapus di momen Lebaran.

Menurut beberapa penelitian, rencana diet dapat membantu menurunkan berat badan, namun hanya dalam waktu singkat. Meski demikian, Kepala Ahli Gizi Paras Health, Neha Pathania kepada The Indian Express, mengatakan mempertahankan penurunan berat badan dapat dilakukan dengan pendekatan jangka panjang.

“Ini melibatkan perubahan gaya hidup bertahap yang dapat dipertahankan dari waktu ke waktu, menghasilkan berat badan yang sehat dan stabil,” katanya.

Defisit Kalori

Neha menambahkan, penurunan berat badan yang berkelanjutan berfokus pada defisit kalori dengan menyeimbangkan kebiasaan makan yang sehat dan aktivitas fisik.

“Tujuannya adalah menurunkan berat badan secara bertahap dan aman; biasanya, satu sampai dua pon per minggu. Ini juga termasuk membuat perubahan gaya hidup permanen, seperti makan makanan yang sehat, tetap aktif, dan mengelola stres,” imbuhnya.

Pathania pun merekomendasikan untuk makan makanan yang kaya akan makanan padat nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan lemak sehat. Kemudian, kurangi makanan olahan dan bergula.

“Hindari makanan yang tinggi gula tambahan, lemak tidak sehat, dan karbohidrat olahan, seperti junk food, makanan cepat saji, minuman manis, dan makanan ringan olahan,” ujarnya.

Selanjutnya, kontrol porsi makan untuk menghindari makan berlebihan. Gunakan piring yang lebih kecil, ukur makanan Anda, dan perhatikan isyarat lapar dan kenyang.

Hidrasi dan aktivitas fisik

Jangan lupa minum banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu Anda merasa kenyang. Hindari minuman manis yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Pastikan juga melakukan aktivitas fisik secara teratur. Targetkan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang atau 75 menit olahraga intensitas tinggi per minggu.

Kemudian, usahakan untuk tidur 7-9 jam per malam. Kurang tidur dapat mengganggu metabolisme Anda dan mempersulit penurunan berat badan.

Butuh waktu

Terakhir, temukan cara sehat untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dalam. Stres dapat menyebabkan makan emosional dan penambahan berat badan.

Sebagai penutup, Pathania mengingatkan bahwa penurunan berat badan yang berkelanjutan membutuhkan waktu dan kesabaran.

Sementara itu, ahli gizi selebriti Rujuta Diwekar mengatakan bahwa berat badan kembali naik karena kebiasaan makan juga kembali normal setelah diet. Ia pun berbagi bahwa penurunan berat badan yang lambat dan stabil adalah cara sempurna untuk membuatnya bertahan dalam jangka panjang.

“Idealnya, kita harus menargetkan penurunan berat badan 5 hingga 10 persen selama satu tahun. Jadi, jika berat badan Anda 70 kg, usahakan untuk menurunkan berat badan hanya 3,5 kg hingga 7 kg dalam kurun waktu satu tahun,” kata Rujuta.

“Dengan cara ini, penurunan berat badan Anda akan sehat, dan tidak akan kembali dengan mudah bahkan setelah Anda berhenti diet,” pungkasnya.

Sumber : Antara

Baca juga : Setelah Libur Lebaran, Ini Tips Memulihkan Stamina

Suga BTS Memulai Tur di Amerika

Previous article

Star Insight : Recap Maret Star FM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle