JogjaKU

Petani Kulon Progo Dapat Bantuan Traktor Roda Dua

0
traktor kulon progo
traktor kulon progo (antara)

STARJOGJA.COM, Info –   Petani di Kabupaten Kulon Progo, mendapatkan   bantuan traktor roda dua dari Pemkab Kulon Progo.  Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Trenggono  mengatakan bantuan traktor roda dua ini untuk mendukung percepatan pengolahan lahan pertanian dan ketahanan pangan.

“Untuk mendukung mekanisasi pertanian di Kulon Progo, kami mendistribusikan bantuan traktor roda dua dari Pemda DIY kepada kelompok tani,” kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Trenggono di Kulon Progo, Jumat.

Ia mengatakan dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan terutama padi pengolahan tanah yang baik mutlak diperlukan.

Menurut dia, pengolahan tanah yang baik akan mendukung pertumbuhan tanaman yang baik dan dapat menghasilkan panen yang tinggi.

Saat ini dengan semakin mahalnya biaya tenaga kerja olah tanah, mekanisasi pertanian dalam pengolahan tanah perlu segera dilaksanakan agar dapat menekan biaya produksi petani dan mempercepat proses olah tanah sehingga dapat dilaksanakan tanam secara serempak.

“Namun sebagian besar kelompok tani belum mampu untuk membeli traktor untuk mengolah tanah di wilayah mereka sehingga dibutuhkan dukungan mekanisasi pertanian,” katanya.

Kelompok tani yang mendapat bantuan traktor roda dua, yakni Kelompok Tani Akur II, Kelompok Tani Karya Tani, Kelompok Tani Ngesti Tani, Kelompok Tani Subur, Kelompok Tani Trijaya I dan Kelompok Tani Tri Marsudi Tomo.

“Kami berharap dengan bantuan traktor roda dua ini dapat mendukung mekanisasi pertanian di Kulon Progo, sehingga dapat meningkatkan produksi tanaman pangan terutama padi serta dapat menekan biaya produksi yang dikeluarkan petani yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan petani,” katanya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Andi Nawa Candra meminta bantuan traktor ini  dimanfaatkan bukan hanya oleh ketua kelompok tani, namun juga oleh semua anggota kelompok tani.

Ia berharap bantuan traktor dapat berkontribusi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas petani.

“Kami minta kelompok tani merawat bantuan traktor roda dua yang diberikan,” katanya.

Sumber : Antara
 
Bayu

Kado Terindah Untuk HUT ke-476 Kota Semarang, PLN Hadirkan SPKLU di Balaikota Semarang

Previous article

Donasi Pegawai PLN Bantu Warga Kurang Mampu dan Tambah Daya Gratis 607 Rumah Ibadah Melalui Program Ramadhan Berkah, Walikota Semarang Sambut Positif

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU