NewsPendidikan

Presentation Day Jadi Unjuk Bakat Siswa Kinderstation School

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kinderstation School / Sekolah Cahaya Bangsa Utama Yogyakarta mengadakan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan bakat & minat anak di luar sekolah, yang bertempat di Ambarukmo Plaza Yogyakarta pada Jumat (19/05) dan Sabtu (20/05).

Kinderstation Primary, Junior and Senior High School kembali mengadakan Presentation Day setelah sebelumnya sempat vacum sebagai salah satu dampak dari pandemi COVID -19. Presentation Day merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Kinderstation School.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa percaya diri siswa, melatih keberanian dalam berbicara di depan umum dan sebagai ajang bagi para siswa mengekspresikan opini dan ide-idenya sehubungan dengan tema unit pembelajaran yang telah dipelajari selama satu tahun ajaran.

Setyana Pakertisari, Head of Marcom Kinderstation School mengatakan Presentation Day kali ini muncul dengan format yang berbeda dari biasanya, mulai dari lokasi yang biasanya diadakan di ballroom hotel, kali ini Kinderstation School memilih Ambarukmo Plaza sebagai lokasi Presentation Day pada Jumat, 19 Mei 20223 – Ambarrukmo Plaza. Tak hanya venue yang berbeda, kali ini tema Kinderstation Primary Presentation Day pun berbeda sungguh luar biasa yaitu Beyond Immagination – Living in Diversity.

” Tema ini terinspirasi dari betapa luar biasanya sudut pandanganak-anak dalam menyikapi keanekaragaman aspek kehidupan sosial yang telah mereka pelajari dalam Kurikulum IPC yang diintegrasikan dengan Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hal ini tampak dari serangkaian pertunjukan yang disajikan olehanak-anak dari kelas 1 – 6 SD Kinderstation Primary, antara lain drama, pantomim, tari-tarian tradisional nusantara, presentasi siswa dan paduan suara siswa. Pertunjukan ini sukses menghipnotis para pengunjung Ambarrukmo Plaza mall dan seluruh orang tua yang hadir,” jelasnya.

Tidak kalah seru tentunya Kinderstation High School, Junior dan Senior High School adalah sekolah nasional berbasis kurikulum internasional di Yogyakarta yang secara konsisten menggunakan bahasa Inggris dalam pembelajaran dan komunikasi sehari- hari.

Kinderstation Junior High School (KJH) secara resmi telah tersertifikasi dalam penggunaan IMYC (International Middle Years Curriculum) yang berasal dari UK dan telah digunakan lebih dari 150 sekolah di lebih dari 60 negara . IMYC sendiri
dikembangkan dengan menggunakan riset neuroscientific yang meneliti tentang kebutuhan otak remaja dan bagaimana kurikulum tersebut memenuhi kebutuhan belajar remaja.

” Melalui pengaplikasian kurikulum tersebut, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan akademik saja, tetapi juga skill dan karakter siswa serta mempersiapkan siswa KJH dalam menghadapi tantangan global yang berperan sebagai global citizen ( warga dunia ),” jelasnya.

Pada kesempatan ini siswa/i yang mewakili KJH untuk menampilkan bakat hebat mereka adalah Novanda Revi R (siswi MY1) pada solo vocal, Diamanta Abia (siswi MY2) guitar dan vocal, dan trio Mikhaela Theona Christabel V, Lovrina Lolita Ibodamai M, dan Davina Belva K ( siswi MY3). Penampilan mereka bisa menyita perhatian para pengunjung Mal Amplaz. Getaran nada-nada mereka memancar kepada para penonton dan pengunjung. Hal itu terjadi karena mereka mempersiapkan dengan baik dan bisa menampilkan suguhan yang maksimal. Para siswa SMA Cahaya Bangsa Utama / Kinderstation Senior High (KSH) pun turut ambil bagian dengan menunjukkan talenta mereka, khususnya di bidang musik.

Kolaborasi Anya dan Reno (SM2) berhasil memukau para penonton, dilanjutkan oleh penampilan menyanyi individu yang atraktif oleh Nadine (SM1). Para penonton pun sangat antusias dengan lagu-lagu yang ditampilkan oleh band yang beranggotakan Anya, Caca, Gery, GG, Reno (SM2) dan Tanel (SM3), sebelum penampilan drum solo yang mengagumkan dari Bohe (SM1) di penghujung acara. Mengikutsertakan para siswa untuk berpartisipasi dalam Kinderstation School Presentation Day 2023 dan agenda-agenda sekolah lainnya merupakan langkah untuk memfasilitasi minat dan bakat para siswa di bidang akademik dan non-akademik.

Acara di hari ke-2 yaitu pada Sabtu, 20 Mei 2023 Kinderstation School khususnya Kinderstation Kindergarten mengadakan acara Presentation Day di tempat yang sama yitu Ambarrukmo Plaza. Dalam acara Presentation Day yang bertema “Colourful Us” ini Kinderstation berkesempatan untuk bekerja sama dengan Ambarrukmo Plaza untuk menyelenggarakan pentas seni di mall tersebut. Presentation Day ini adalah agenda kegiatan tahunan Kinderstation School dalam rangka memberikan kesempatan
siswa-siswi untuk mempresentasikan apa yang telah mereka pelajari dalam satu tahun ajaran yang sudah berjalan. Berbagai macam performances disuguhkan dalam acara tersebut untuk menghibur audience baik dari orang tua siswa maupun pengunjung yang datang di mall tersebut.

Ada kelompok kelas yang menyuguhkan gerak dan tari, serta ada pula kelompok kelas lainnya yang presentasi dan menampilkan drama. Penampilan dari siswa-siswi tersebut adalah hasil dari proses pembelajaran di sekolah, di mana Kinderstation School adalah sekolah yang menggunakan kurikulum IEYC (International Early Years Curriculum) dari UK.

” Dari performance yang disuguhkan dapat terlihat bahwa kegiatan pembelajaran di Kinderstation School merupakan kegiatan yang menyenangkan sehingga siswa-siswi dapat menikmati proses pembelajaran dan menyimpan apa yang dipelajarinya di long-term memory mereka,” tutupnya.

Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jadi Upaya Perbaikan Kesejahteraan Masyarakat

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik PLN DIY, Rabu, 24 Mei 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News