JogjaKU

Festival Van Der Wijck 2023 Konsep Rice For All dan Less Plastic Waste

0
Festival Van Der Wick 2023
Festival Van Der Wick 2023 (ist)
STARJOGJA.COM, Info – Pada tanggal 2 dan 3 Juni 2023 di Kanal Van Der Wick, Tangisan, Banyurejo, Sleman, Yogyakarta, Dinas Pariwisata Sleman akan menyelenggarakan sebuah festival yang menggabungkan potensi kanal, pertanian dan sosial budaya tradisional bernama Festival Van Der Wick. Dahlia Puspasari  Penyelenggara Event mengatakan tahun ini, Festival Van Der Wick pun dinobatkan menjadi salah satu 110 event terbaik ole Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparektaf/Baparekraf) dan wakil dari Sleman, DIY.
Festival Van Der Wijck mengusung tema “Rice For All’ yang didukung konsep “Health, Wellness and Green” Festival. Tema “Rice For All’ dalam Festival Van Der Wick 2023 sebagai wujud apresiasi atas Kanal Van Der Wick yang mendukung keberlangsungan pertanian dan sebagai upaya menghargai beras yang menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat setempat khususnya dan kita semua pada umumnya.
Dengan mengusung konsep “Health, Wellness and Green Festival”, Festival Van Der Wick memiliki tujuan untuk memberikan edukasi tentang menjaga kesehatan dan kebugaran serta menjadi salah satu contoh Festival yang peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi keberadaan plastik (less plastic waste) dalam penyelenggaraan program kegiatannya.
Festival Van Der Wick mengundang dan bekerjasama dengan berbagai pegiat seni, asosiasi yang bergerak di sport tourism skala internasional (Jogja International Heritage Walk) UMKM setempat dan dari luar (Komunitas Organik Indonesia dan Agradaya), komunitas peduli lingkungan (RAPEL) dan komunitas penggiat pariwisata (sebumi.id). H
ighlight Program Kegiatan dari Festival Van Der Wick antara lain Upacara Wiwitan, Pasar Apung Bambu, Parade Budaya, Van Der Wick Heritage Green Walk dan Larung Lampion yang didukung oleh kegiatan lomba, Talkshow Ngobras (Ngobrolin Beras) dan Waste Management serta Workshop pembuatan beras kencur dan cap batik kertas limbah. Diharapkan dengan program kegiatan in, Festival Van Der Wick dapat menjadi ruang edukasi, inspirasi dan kreativitas masyarakat serta menjadikan Kanal Van Der Wick sebagai destinasi wisata baru di Sleman Barat yang berbasis Creative Heritage.
Dalam penelenggaraannya, Festival Van Der Wick 2023 didukung ole Binar Indonesia dan Mataya Art & Heritage.
Bayu

Penyakit Menular via Udara Potensi Menjadi Penyakit X

Previous article

Cerita Pengusaha Material Pakai L300, Armadanya Tangguh Meski Sudah Usia 36 Tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU