Kota JogjaNews

Kelurahan Diminta Optimalkan BKK Danais

0
BKK Danais

STARJOGJA.COM, JOGJA – Dorong Kelurahan Optimalkan BKK Danais, Perangkat Kelurahan Diusulkan Ada Dalam Aturan Pengelolaan Danais. Pemda DIY dan DPRD DIY mendorong setiap kalurahan/kelurahan di DIY mengoptimalkan pengelolaan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan (Danais). Untuk mendorong pengoptimalan pengelolaan anggaran tersebut, Sosialisasi Keistimewaan Tahun 2023 digelar.

Ketua Komisi A DRPD DIY, Eko Suwanto menyampaikan saat ini BKK Danais telah diakses pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah kalurahan, serta kelurahan melalui kemantren. Di Kota Jogja misalnya, tahun 2023 setiap kemantren mendapat alokasi Rp.100 juta untuk menyelenggarakan gelar budaya.

Menurut Eko pengelolaan BKK Danais tersebut belum optimal. Eko mendorong pengelolaan setiap kelurahan di Kota Jogja untuk dapat mengelola pendanaan tersebut. Menurutnya, masyarakat melalui kelurahan dapat berpartisipasi juga dalam upaya mewujudkan keistimewaan DIY. Menurutnya dalam UU No.13/2012 mengatur pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan keistimewaan.

Lebih lanjut, menurut Eko dalam Pergub No.85/2019 dan  Pergub 25/2019 juga diatur mengenai peningkatan partisipasi Pemkot sebagai konsolidator dalam perencanaan danais dalam upaya membangun keistimewaan dengan melibatkan masyarakat di tingkat kampung.

“Ini dapat melibatkan RT, RW, dan seterusnya. Maka salurannya melalui lurah, kemantren dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ucapnya, Rabu (7/6/2023).

Dengan alokasi danais yang dapat dimanfaatkan setiap kelurahan, maka tujuan keistimewaan DIY yakni mensejahterakan masyarakat dapat tercapai.

Inspektur DIY, Muhammad Setiadi menyampaikan BKK Danais merupakan bantuan keuangan kepada pemerintah desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DIY yang diperuntukan kepada pemerintah desa. Pendanaan tersebut menurut Setiadi dialokasikan dalam rangka pembangunan dan pemberdayaan desa.

Dia menyampaikan Inspektorat DIY melakukan pengawasan dalam pengelolaan BKK Danais.

“Tujuannya agar seluruh kalurahan perencanaannya tepat, kalau rencanaan tepat, pelaksanaan tepat, maka tujuan BKK Danais dalam rangka kesejahteraan masyarakat DIY akan tercapai,” katanya.

Cara Optimalisasi Bantuan Keuangan Khusus Dana Keistimewan di DIY

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik PLN DIY, Kamis, 8 Juni 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja