Kota JogjaNews

Tingkatkan Keandalan Listrik Tanpa Padam, PLN Terus Lakukan Inovasi pada PDKB

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Tingkatkan Keandalan Listrik Tanpa Padam, PLN Terus Lakukan Inovasi pada PDKB.

PLN senantiasa berupaya memberikan layanan listrik yang tidak terputus atau berkelanjutan kepada pelanggan. Untuk itu PLN menerjunkan pasukan elit terlatih yang melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator serta konduktor dalam kondisi bertegangan, atau listrik dalam keadaan menyala. Tim tersebut dikenal dengan tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Untuk memudahkan tim sekaligus membuat pekerjaan lebih ¬safety¬ , PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta melakukan inovasi dengan mendesain dan mengaplikasikan alat bantu pemasangan konstruksi lurus pada PDKB di jaringan Tegangan Menengah (TM). Alat bantu ini disebut dengan Temporary Cross Arm (TEMPRA). Pekerjaan ini dilaksanakan melalui pemasangan sisipan tiang yang baru pada Kamis (12/6/2023) di kawasan Bugisan ,Sedayu Yogyakarta

“Alat ini mampu untuk meringankan beban pelaksana pekerjaan menjadi lebih mudah, ringan, dan safety karena inovasinya yang mampu menahan konduktor, sehingga memberi ruang gerak lebih pada pekerja,” ujar Manager PLN UP3 Yogyakarta, Adi Dwi Laksono.

Adi menambahkan bahwa dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan bekerja dengan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), tim PDKB melakukan pekerjaan pemeliharaan dalam keadaan bertegangan sehingga listrik tidak padam. Menurutnya, hal ini sangat menguntungkan konsumen, baik itu masyarakat umum ataupun layanan publik. Selain itu, aksi tim PDKB yang bekerja dengan resiko tinggi ini menarik perhatian masyarakat sekitar lokasi pekerjaan.

“Meningkatnya kebutuhan energi listrik di semua sektor dan kehidupan rumah tangga dengan peralatan modern sangat tergantung terhadap kontinuitas suplai listrik. Sehingga apapun penyebabnya, terganggunya penyaluran energi listrik akan menimbulkan keluhan konsumen, bagi PLN sendiri pun merupakan kerugian karena tidak dapat menjaga keandalan listrik,” lanjut Adi.

Salah satu pegawai pencucian mobil yang berlokasi di depan area pekerjaan, Tutik, menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang memberikan pelayanan tanpa memadamkan listrik. “Tadi saya takut dan khawatir akan terdampak pemadaman listrik secara tiba-tiba, padahal sedang sedang ramai pelanggan. Namun ternyata tidak padam sama sekali, sehingga tidak mengganggu pelayanan pencucian mobil di tempat usaha kami,” ucap Tutik.

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik sampai hingga ke pelanggan, maka jaringan listrik memerlukan pemeliharaan dan perbaikan baik secara preventif maupun korektif secara berkala. Pekerjaan tersebut biasanya dilaksanakan dengan memadamkan aliran listrik, namun PLN UP3 Yogyakarta memiliki tim PDKB Sentuh Langsung yang beranggotakan 7 personil. Tim PDKB UP3 Yogyakarta telah melakukan perbaikan sebanyak 274 titik dan total sebanyak 704.044 kWH jual berhasil diselamatkan sampai dengan Mei 2023.

NIK Jadi NPWP Berlaku Penuh 2024

Previous article

Ini Aplikasi Edukasi Untuk Isi Liburan Sekolah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja