Kab SlemanNews

TPA Piyungan Ditutup Hingga September

0
sampah bantul
Tumpukan Sampah di Demangan (FOTO : Istimewa )

STARJOGJA.COM, JOGJA – TPA Piyungan Ditutup Hingga September. Kebijakan yang cukup berisiko bagi keberlangsungan sampah di tiga wilayah ini terpaksa diambil karena TPA Piyungan sudah benar-benar over kapasitas

Pemda DIY membuat keputusan menutup TPA Piyungan Bantul selama 45 hari atau 1,5 bulan sejak 23 Juli 2023 hingga 5 September 2023 mendatang. . Sekda DIY Beny Suharsono menjelaskan penutupan sementara TPA Piyungan sejak 23 Juli 2023 hingga 5 September 2023 mendatang dilakukan setelah melalui berbagai pertimbangan.

Salah satunya zona A dan zona B sebagai titik lokasi penampungan sampah di TPA Piyungan tidak memungkinkan untuk menampung sampah lagi. Berbagai Upaya sebenarnya telah dilakukan akan tetapi saat ini sudah mencapai overload.

“Dikarenakan zona A dan zona B sudah tidak mungkin lagi mampu menampung sampah dan sudah over kapasitas,” kata Beny melalui ponselnya Sabtu (22/7/2023) pagi.

Pemda DIY sebenarnya sudah mengupayakan dengan membangun TPA Transisi bagian 1. TPA transisi ini dibangun sembari menunggu proses kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) terkait pengelolaan sampah yang saat ini masih berproses di Pemerintah Pusat. Akan tetapi TPA Transisi Bagian 1 yang sudah dibangun dan dioperasikan kondisinya nyaris penuh.

“Sementara zona transisi 1 daya tampungnya tinggal tersisa 10 persen saja,” ujarnya.

Pemda DIY saat ini sedang mengupayakan perluasan daya tampung dengan membangun TPA Transisi 2 yang berada di sekitar kompleks TPA Piyungan.

“Zona TPA transisi 2 baru bisa dipergunakan perkiraan tanggal 6 September 2023, sehingga kami melakukan penutupan sampai 5 September,” ujarnya.

Informasi penutupan TPA Piyungan diterbirkan Beny lewat selembar surat yang ditandatanganinya bernomor 658/8312 tentang penutupan pelayanan TPA Piyungan itu tertanggal 21 Juli 2023 atau Jumat (21/7/2023).

Surat itu ditujukan kepada tiga Kepala DLH yaitu Sleman, Kota Jogja dan Bantul serta Ketua Sekber Kartamantul. Dalam surat itu disebutkan penutupan merupakan kesepakatan bersama antara Pemda DIY dengan Sekda tiga kabupaten dan kota tersebut.

“Dikarenakan lokasi zona eksisting TPA Regional Piyungan yang sudah sangat penuh dan melebih kapasitas maka pelayanan sampah di TPA Regional Piyungan tidak dapat dilakukan mulai tanggal 23 Juli 2023 sampai 5 September 2023,” demikian bunyi surat yang bersifat penting ini.

Pentingnya Membuang Sampah Obat dengan Benar Agar Tidak Disalahgunakan

Previous article

Ini Penyebab Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya !

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman